Trik Ampuh Cara Mendidik Anak yang Bandel Agar Menjadi Patuh

Bagi orang tua tantangan menghadapi anak yang bandel memang butuh tenaga ekstra. Apalagi harus membuat anak yang bandel tersebut menjadi patuh dan lebih baik. 

Lalu apa yang menjadi penyebab anak bandel? Bagaimana pula cara mengatasinya? Di bawah ini sedikit ulasannya.

cara mendidik anak yang bandel
Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Apa Yang Menjadi Penyebab Anak Bandel

Orang tua harus memahami hal apa yang menjadi penyebab anak menjadi bandel. Biasanya anak bandel ini disebabkan oleh beberapa faktor, baik dalam diri si anak, lingkungan, dan faktor keluarga. Orang tua harus menyikapi hal tersebut dengan bijaksana.

Penyebab dari dalam diri berkaitan dengan karakter anak yang keras kepala dan semaunya sendiri. 

Sementara itu dalam faktor lingkungan juga berpengaruh pada anak, ketika anak salah bergaul dengan yang memiliki pengaruh buruk. 

Orang tua juga bisa jadi faktor tersebut, memanjakan anak, selalu membela anak, bahkan menuruti apa yang anak mau tanpa tahu benar dan salah.

Terapkan Aturan dan Berikan Sanksi Yang Tegas

Saat menghadapi anak bandel orang tua harus bersikap tegas dan siap memberikan sanksi serta aturan kepada anak. 

Cara mendidik anak bandel

Caranya dengan menerapkan aturan yang berlaku dan sangat mengikat kepada anak. Jadi anak memiliki acuan yang jelas serta memahami bagaimana seharusnya bersikap secara baik dan benar.

Adanya sanksi juga akan membuat anak belajar tentang konsekuensi yang ada ketika apa yang anak lakukan melanggar aturan. Jadi anak akan berpedoman bersikap mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh. Ini akan berpengaruh pada pola pikir anak serta tindakan anak yang nantinya akan menyadarkannya.

Jangan lupa untuk menerapkan aturan di atas secara konsisten. Kedua orang tua juga harus sama persepsinya agar anak tidak mencari celah dan pembelaan pada salah satu.

Baca Juga:
4 Kartun Anak Sholeh yang Memiliki Nilai Islami dan Alasan Kenapa Harus Ditonton

 

Selalu Berikan Contoh yang Baik pada Anak

Pentingnya memberi contoh yang baik kepada anak harus dilakukan oleh orang tua. 

Orang tua merupakan lingkungan yang paling dekat dengan anak dan kemungkinan paling besar ditiru anak. Dengan begitu anak akan mencontoh apa yang orang tua lakukan setiap saat.

Misalnya, anak dibatasi main gadget. Orang tua juga harus mematuhi aturan tersebut, apapun alasannya.

Cara Mengatasi Anak yang Bandel dan Susah Diatur

Lalu bagaimana cara mengatasi anak dan cara mendidik anak yang bandel dan susah diatur? Ada beberapa hal yang perlu orang tua lakukan kepada anak.

  • Mengajarkan Adab

Adab ini penting untuk dipahami oleh anak, karena semua berawal dari adab yang baik. Mengajarkan adab bisa diawali dengan memberikan contoh adab terhadap Tuhan, diri sendiri kemudian orang lain. Lakukan secara bertahap agar anak bisa memahami dan bisa mencontoh adab tersebut.

cara mendidik anak yang bandel

  • Melatih Moral Anak

Memiliki moral yang baik sangat penting bagi anak. Moral ini pula yang akhirnya diaplikasikan kepada perbuatan. Anak yang menjunjung tinggi moralitasnya kelak akan mennjadi anak yang bijaksana dan baik dalam bermasyarakat.

  • Memberi Apresiasi

Saat anak melakukan perubahan kecil pada sikapnya yang sudah tidak bandel lagi, orang tua wajib memberikan apresiasi terbaik. Beri pujian pada anak bahwa telah melakukan hal yang baik dan benar. Lakukan dengan cara terbaik yang bisa orang tua berikan kepada anak, agar anak semakin bersemangat untuk berubah.

Cara mendidik anak yang bandel

Itulah cara yang bisa orang tua lakukan saat mengatasi anak yang bandel. Selanjutnya anak akan semakin memahami seperti apa harus bersikap dan menjaga dirinya sendiri. Anak akan menjadi insan yang baik dan berbudi pekerti.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *