Sudah Menikah Tapi Belum Aqiqah, Apa Hukumnya?

Sudah Menikah Tapi Belum Aqiqah, Apa Hukumnya?- Aqiqah adalah kegiatan yang disunahkan dilakukan ketika bayi baru berusia 7 hari. Pelaksanaan ini dibebankan tanggung jawabnya kepada orang tua si bayi. Memang pelaksanaan ini idealnya dilakukan ketika anak masih kecil, tapi bagaimana kalo anak sudah dewasa dan bahkan sudah menikah namun belum juga melakukan aqiqah untuk dirinya.

Apa hukumnya, Sudah Menikah Tapi Belum Aqiqah

 

Apakah Kewajiban Aqiqah Menjadi Gugur..?

Ini menjadi khilaf di antara ulama, apakah orang  yang belum di aqiqahkan oleh orang tuanya. Apakah kewajiban aqiqah itu mejadi gugur atau tidak. Jika orang tua tersebut tidak mengetahui hukum, mengenai kelahiran anak, tidak tahu hukum aqiqah, harus mencukur rambut bayi dan sebagainya.

Maka pendapat ulama yang pertama mengatakan, bahwa gugur bagi anak ini untuk aqiqah. Tidak ada kewajiban lagi. Karena dasarnya itu adalah kewajiban orang tuanya, bukan kewajiban sang anak. Sedangkan orang tua nya tidak melakuka kewajiban ini karena tidak tahu. Beda ceritanya kalau orang tuanya tahu dan sengaja tidak melakukan aqiqah, padahal dia mamu scara ekonomi maka orang tuanya yang menanggung dosa.

Baca Juga:
Bolehkah Aqiqah dengan Sapi?
Berikut Pandangan Ulama

 

Sedangkan pendapat ulama yang ke dua mengatakan, kalo misal anak ini yakin orang tuanya belum mengakikahinya sewaktu kecil, maka anak ini (yang sudah dewasa) boleh mengakikahi dirinya sediri ketika dewasa. Karena berpatokan kepada hadis nabi, bahwa “semua bayi yang terlahir tergadai dengan aqiqaqhnya”.

Namun apabila ia ragu, apakah sudah aqiqah atau belum, maka kembali ke hukum asal. Anggap saja aqiqah sudah dilakukan, karena sebenarnya anak tidak ada beban hukum  untuk mengakikahi dirinya. Hukum asalnya yang harus mengakikahi anak, adalah orang tuanya.

Apabila orang tua tidak mampu, tapi paman mampu. Tetap tidak ada kewajiban bagi orang tua untuk melakukan aiqqah karena ketidakmampuannya itu. Harus orang tua yang mengakikahi anak (bila mampu). Beda ceritanya apabila pamannya yang mau membiayai aqiqah dari ponakannya tersebut, maka ini dibolehkan.

Namun tetap yang mempunyai kewajiban adalah orang tua, bila orang tua tidak mampu maka gugur sudah kewajiban orangtua mengaqiqahi anaknnya

Bagaimana Bila Aqiqah Setelah Dewasa

Memang kadang mucul kegelisahan, ketika mendapati diri kita yang mencapai usia dewasa namun belum dii aqiahi oleh orang tua.

Dari sahabat Samurah bin Jundub ra, Rasulullah bersabda “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya. Disembelih pada hari ke tujuh, digundul rambutnya dan diberi nama”
(H.R. Ahmad 20722, at-Turmudzi 1605, dan dinilai shahih oleh al-Albani)

Perlu diingat kembali, bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkaddah. Dan terkait waktu pelaksanaannya, para ulama bersepakat bahwa waktu yang paling afdal adalah hari ke tujuh  kelahiran. Ini berdasarkan hadis di ats.

Pelaksanaan aqiqah harusya dilakukan di hari ke tujuh kelahiran. Bagaimana kah cara menghitungnya. Cara menghitungnya dimulai dari hari kelahiran kemudian ditambah enam hari kemudian.

Namun bila tidak mampu, aqiqah boleh dilakukan setelah sampai ada kemampuan, meskipun si anak sudah dewasa. Berdasar perbuatan nabi, dimana dia mengaqiqahi dirinya sendiri di saat beliau sudah mencapai usia dewasa.

Imam tabrani meriwayatkan, hadis yang menjadi dasar kesimpulan ini. Bahwa Nabi Muhammad mengaqiqahi diri beliau sendiri, setelah beliau di utus menjadi Nabi (dinilai shahih oleh syaikh al bani, dalam silsilah as-shahihah)

Riwayat di atas juga menujukkan bolehnya seseorang meng aqiqahi dirinya sendiri, apabila orang tuanya belum mengaqiqahi dirinya ketika kecil atau karena orang tuanya tidak mampu melakukan aqiqah untuknya.

Imam Nawawi menjelaskan, seandainya kambing aqiqah disembelih sebelum atau setelah hari ke tujuh, maka hukumnya tetap sah. Adapun bila disembelih sebelum kelahiran, para ulama sepakat aqiqah tidak sah. Status kambing yang disembelih adalah sembelihan biasa (tidak teranggap sebagai aqiqah). (Al-Majmu’ 8/411)

Mau Aqiqah, Pakai Jasa Aqiqah

Apabila setelah anda dewasa dan berkeinginan untuk melaksankaan aqiqah. Sudah mempunyai dana, namun tidak tahu harus beli kambing dimana, bagaimana memilih kambingnya dan bagaimana memasak dagingnya.

Maka menggunakan jasa aqiqah bisa menjadi pilihan anda. Infoaqiqah.com, juga merupakan salah satu penyedia jasa aqiqah yang bisa anda gunakan.

Jasa aqiqah akan memberikan kepada anda penawaran harga kambing aqiqah yang sudah dalam keadaan matang. Dan anda tinggal menyesuaikan dengan biaya yang anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *