Selain Menghibur, Kartun Anak Kecil juga Menjadi Sarana Belajar di Usia Dini

Anak senang menonton atau menyaksikan Kartun Anak Kecil? Baik lewat TV, film, atau platform online? Jangan terlalu terburu-buru disalahkan ya karena kartun ternyata bisa jadi sarana belajar. 

kartun anak kecil

Ya! Ternyata menonton sebuah kartun yang digemari anak-anak, itu bisa merangsang berbagai hal positif dalam diri mereka. Mulai dari meningkatkan imajinasi anak, mendidik karakter ke arah positif, hingga meningkatkan imunitas menjadi lebih sehat loh.

Ada banyak sekali kartun yang memiliki latar cerita dan tujuan penayangan yang sangat mendidik. Berbagai karakter di dalamnya mengajak anak berfikir logis serta positif. Lewat kartun, anak bisa meniru berbagai hal positif yang ditampilkan di dalamnya. Oleh sebab itu jangan terlalu melarang buah hati menontonnya. Sebagai orang tua harus senantiasa menemani dan memilihkan film agar tontonan yang tersaji sesuai umur mereka.

Mendidik Anak Memiliki Karakter yang Lebih Positif

Kata siapa kartun hanya berisi sebuah hiburan ringan yang tidak mendidik? Itu salah besar lho Ayah dan Bunda! Tontonan ini ternyata kaya akan manfaat. Ada banyak sekali hal positif yang bisa anak dapatkan ketika menonton sebuah kartun yang sesuai umur tentunya. 

Salah satunya adalah anak bisa menjadi memiliki sifat atau karakter yang lebih positif karena mendapatkan stimulus dari tontonan yang Ia lihat.

kartun anak

Misalnya saja, di dalam latar kartun Upin dan Ipin mengajarkan bagaimana saling tolong menolong sesama rekan, jangan berbuat curang, serta senantiasa rajin beribadah. Tokoh dalam kartun Upin dan Ipin tersebut secara tidak langsung telah mengajak anak untuk meniru kebaikan yang mereka lakukan. Anak memang mudah sekali meng-copy paste apa yang mereka lihat di dalam lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu sebagai orang tua bijak harus menyaring tontonan mereka!

Meningkatkan Imunitas Anak Menjadi Lebih Sehat

Tidak hanya manfaat di atas saja, menonton kartun ternyata bisa loh meningkatkan imunitas anak menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ketika anak merasa bahagia dalam kehidupan sehari-harinya maka mereka akan cenderung jauh dari kata sakit. Semangat bergerak aktif dan berbuat positif akan merangsang imunitas mereka menjadi jauh lebih sehat, coba saja! 

Baca Juga:
Cerita Dongeng untuk Perkembangan Emosi dan Otak si Kecil

Lalu Apa Saja Kartun Anak Kecil yang Layak Ditonton?

Tentu saja ketika berbicara kartun yang layak untuk ditonton oleh anak kecil maka syarat utamanya adalah harus sesuai dengan umur si buah hati. Jangan sampai anak menonton sebuah kartun yang ditujukan dengan latar orang dewasa dengan berbagai kekerasan fisik atau verbal dalam setiap jalannya cerita. 

Tidak hanya itu, kartun yang layak ditonton oleh anak-anak adalah yang memiliki visual sederhana dan tidak menunjukan bentuk karakter yang menyeramkan.

Jangan berikan anak tontonan kartun yang terlalu sadis, bertema kekerasan atau keburukan karena hal tersebut bisa ditangkap oleh buah hati dalam kesehariannya. 

Berikan rujukan kartun dengan cerita inspiratif, penuh semangat juang, persahabatan, cinta kasih hingga kekeluargaan. Adapun beberapa judul kartun yang bisa coba anak tonton adalah Upin dan Ipin, Doraemon, Kung Fu Panda, Cars, Coco, Zootopia, Sofia The First, Curious George dan masih banyak lainnya.

Bagaimana? Sudah jelas bukan sekarang mengenai kelebihan dan manfaat dari sebuah tontonan bertema kartun bagi perkembangan dan sarana mendidik anak? Selain bisa menjadi sebuah media hiburan, ternyata kartun sendiri bisa mendidik anak ke arah lebih positif.

Film kartun anak dapat menjadi sarana hiburan dan liburan alternatif saat suasana di rumah saja. Anak tidak bosan dan perkembangan otaknya tetap terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *