Sebutkan Hikmah Pelaksanaan Aqiqah! Ini Jawabannya

Hikmah Aqiqah

Sebutkan Hikmah Pelaksanaan Aqiqah! Ini Jawabannya : Sebagaimana kita ketahui bahwa Aqiqah merupakan kegiatan atau pelaksanaan menyembelih kambing untuk menebus bayi baru lahir sebagai ungkapan syukur. Kegiatan ini disyariatkan oleh ajaran Islam mengingat terdapat banyak hikmah di dalamnya. Nah, apa sajakah hikmah tersebut? Berikut kita akan membahasnya bersama-sama.

Perlunya Memahami Hikmah Aqiqah

Sebelum menjawab pertanyaan Sebutkan Hikmah Pelaksanaan Aqiqah, ada perlunya kita memahami hikmah dari aqiqah yang satu ini. Sebab, ini merupakan salah satu syariat seorang muslim. Kita wajib mengetahui dan mengamalkan syariat Islam yang sesuai dengan ajaran Rasulullah. Tidak hanya dalam lingkup aqiqah saja, melainkan juga dalam aspek ajaran Islam lain yang berhubungan dengan ketuhanan. 

Dengan mengetahui hikmah yang terkandung dalam tiap ibadah yang dilaksanakan, diharapkan bertambah keyakinan akan Islam. Selain itu, motivasi untuk melaksanakannya juga makin besar.

Baca Juga:
Paket Aqiqah Bau Prengus? Waspada Aqiqah Tak Sesuai Syariat!

Hikmah Aqiqah & Pemberian Daging

Hikmah Aqiqah pemberian daging : Setiap kegiatan dan proses aqiqah mempunyai hikmah dan makna yang mendalam. Ada hikmah di balik daging untuk aqiqah. Imam Abu Dawud bercerita bahwa ia pernah bertanya kepada Abu Abdillah: “Apakah Aqiqah sudah matang?” Jawabannya adalah “ya”. Dia bertanya lagi, “Bagaimana jika memasak terlalu berat?” Dia berkata, “Mereka harus menanggung memasak.”

Muhammad bin Husein memberitahuku darinya, dan Fadhal bin Ziyad memberi tahu mereka bahwa seseorang bertanya kepada Abu Abdillah tentang Aqi Masalah aqiqah. “Apakah perlu direbus dengan air dan garam?” Dia bilang itu direkomendasikan. Kemudian ditanyakan lagi,” Apakah bisa dimasak dengan yang lain? ” Dia bilang tidak apa-apa. “

Semua ini bertujuan agar orang miskin, tetangga, dan kerabat penerima daging aqiqah tidak perlu repot lagi memasak. Tentunya hal ini akan menambah kebaikan dan rasa syukur atas keberkahan anak-anak. Tetangga, anak-anak, serta fakir miskin dapat menikmatinya dengan nyaman tanpa dibebani oleh berbagai hal.

Faktanya, jika seseorang diberi daging yang sudah dimasak dan cepat saji juga siap makan, tentu akan lebih senang, mengingat jika harus memasak daging mentah tentu akan membutuhkan biaya lain dan juga repot membutuhkan waktu untuk memasaknya. Jawaban atas pertanyaan Sebutkan Hikmah Pelaksanaan Aqiqah, belum selesai sampai disini lo..!

Beraqiqah dan Peluang Mendapat Syafaat Rasulullah

Ketika seseorang memperoleh syafaat, maka ia juga akan memperoleh kenikmatan yang lebih baik atau bertambah. Selain itu, peluang untuk terbebas dari azab-Nya juga menjadi lebih besar.

Nah, supaya seseorang mendapatkan peluang syafaat di akhirat kelak, muslimin harus melakukan amal-amal yang dapat mendatangkannya. Amal tersebut, antara lain bertauhid dan mengikhlaskan ibadah kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Itu berarti melaksanakan semua perintah Allah Subhanahu Wata’ala dalam Al-Qur’an dan menjauhi semua larangan-Nya.

Selain itu, muslimin juga harus ittiba kepada Rasulullah atau dalam bahasa sederhana mengikuti sunnah Rasulullah. Salah satunya dengan melaksanakan aqiqah.

Hikmah Aqiqah yang Kami Himpun

Adapun daftar hikmah pelaksanaan aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Menghidupkan sunnah Nabi karena pelaksanaan aqiqah mengikuti ajaran beliau.
  2. Bertujuan untuk melindungi anak dari gangguan syetan dengan doa-doa yang dipanjatkan oleh banyak orang saat aqiqah.
  3. Merupakan tebusan utang anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak dihari kiamat.
  4. Sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala karena didalamnya terkandung ketaatan kepada perintah-Nya.
  5. Sebagai sarana menampakkan kegembiraan dalam melaksanakan syariat Islam ketika bertambah keturunannya.
  6. Memperkuat tali silaturrahmi kepada keluarga, tetangga, dan fakir miskin yang dibagikan daging aqiqah.

Itulah hikmah pelaksanaan aqiqah jika dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan syariat Islam. Meskipun hikmahnya memang luar biasa, namun jika memang belum mampu sebaiknya kita tidak boleh memaksakan diri. Jika mampu maka jangan menundanya karena hal ini baik dan penting untuk putra dan putri kita.

Demikian tulisan ini kami sajikan, semoga bisa membantu dalam menemukan jawaban atas pertanyaa Sebutkan Hikmah Pelaksanaan Aqiqah!. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *