Rumah Aqiqah I Cara Memastikan Aqiqah Sesuai dengan Syariat

Aqiqah sesuai syariat merupakan hal yang harus Anda perhatikan ketika menyelenggarakannya. Mengapa? Karena aqiqah adalah ibadah yang disunnahkan Rasulullah. Dalam pelaksanaannya ada tuntunan agar sah dan berkah.

Bagaimana Cara Memastikan Aqiqah Sesuai Syariah?

Tentu saja Anda harus mempelajarinya. Paling tidak, aqiqah harus memenuhi syarat hewan yang disembelih untuk anak laki-laki dan perempuan, cara menyembelihnya, doa aqiqah, waktu, pengolahan yang halal, hingga distribusi yang tepat.

Tidak sulit mencari informasi tentang syariah aqiqah. Kini, Anda dapat mencarinya di internet melalu website yang dapat dipercaya. Layanan jasa aqiqah juga sering kali dapat menjelaskannya.

Rumah Aqiqah

Apakah Ada Ayat Al-Quran tentang Aqiqah?

Banyak hadist yang diriwayatkan tentang aqiqah, mulai dari pelaksanaannya oleh Rasulullah, syarat hewan aqiqah, waktu penyelenggaraan, hingga hukumnya.

Hadist dan sunnah Rasul merupakan pedoman umat Islam dalam menjalankan ibadah dan amal dalam kehidupan sehari-hari. Selain hadist, ada Al Quran yang menjadi pedoman utama.

Tentu saja ada ayat Al Quran tentang aqiqah juga.

  1. Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi:
  • وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya:
“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah.”

Para ulama sepakat dalam ayat di atas yang dimaksud kurban termasuk di dalamnya hewan yang disembelih untuk aqiqah.

Baca Juga:
Aqiqah Terdekat di Daerah Tangerang

Apakah Bedanya Aqiqah dengan Kambing Jantan?

Dalam syarat hewan yang digunakan aqiqah, kambing dan domba yang dikategorikan kambing berbulu lebat dapat disembelih. Syariatnya, orang tua menyembelih dua ekor kambing untuk bayi laki-laki dan satu ekor untuk untuk bayi perempuan sebagai tanda syukur.

Tidak ada ketentuan kambing aqiqah jantan atau betina yang dapat digunakan. Semua tergantung kepada kemampuan orang tua. 

Iya, kambing jantan umumnya mempunyai harga lebih mahal dibandingkan betina. Mereka mempunyai badan yang lebih besar. Otomatis beratnya juga melebihi betina. Daging yang dihasilkan juga akan lebih banyak. Saat Anda membagikan atau mendistribusikan, akan lebih banyak orang yang menerimanya.

Itu juga sebabnya jasa layanan aqiqah sesuai dengan syariah menawarkan kambing dengan harga yang berbeda-beda. Kambing dihargai berdasarkan beratnya.

Rumah Aqiqah

Solusi Aqiqah Sesuai Syariah

Setelah mengetahui berbagai ketentuan aqiqah sesuai syariah, Anda tentu wajib melaksanakannya agar semua sah dan berkah. Keutamaan aqiqah juga dapat diperoleh oleh bayi dan seluruh keluarga.

Bagaimana jika Anda tidak mempunyai kesempatan untuk menyelenggarakan semuanya sendiri? Apalagi untuk keluarga baru, mengurus seorang bayi terkadang menghabiskan banyak waktu. 

Namun, sekarang ada jasa layanan aqiqah yang mudah ditemukan di berbagai daerah. Rumah Aqiqah salah satunya. Solusi aqiqah sesuai syariah yang dapat menjadi andalan dan terbaik di kelasnya.

Pelayanan yang diberikan, antara lain:

  1. Berbagai kambing betina dan jantan halal untuk disembelih yang dapat dipilih harganya sesuai kemampuan.
  2. Penyembelihan sesuai syariat
  3. Pengolahan kambing dengan berbagai menu dan halal. Setelah kambing halal karena disembelih sesuai syariat, pengolahan halal juga diperlukan. Gulai, sate, dan semua menu diolah dengan bumbu yang halal pula. 
  4. Pendistribusian yang tepat dan amanah. Ini diperlukan agar dana yang Anda keluarkan tidak sia-sia. Tujuan aqiqah akan tercapai dengan baik.

Dengan menggunakan jasa layanan aqiqah ini, Anda tidak akan menyesal. Coba dan buktikan sendiri, solusi aqiqah sesuai syariah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *