Perbedaan Home Schooling dan Private Schooling

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya, terutama dalam bidang pendidikan. Jika kemampuan finansial mendukung, orang tua tidak akan segan-segan mengeluarkan banyak biaya hanya agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Saat ini terdapat beberapa jalur pendidikan di Indonesia, diantaranya adalah home schooling dan private schooling. Home schooling sendiri merupakan istilah untuk sekolah yang berbasis rumah, sedangkan private schooling merupakan istilah untuk pendidikan yang berbasis sekolah namun pelaksanaannya dilakukan pada sebuah rumah tertentu dengan sejumlah murid yang telah disepakati.

Setiap dari kedua jalur pendidikan di atas tentu saja memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing, sehingga orang tua bisa mempertimbangkan sebaik mungkin manakah diantara jalur pendidikan tersebut yang akan dipilih untuk pendidikan anaknya.

Agar Anda sebagai orang tua bisa menentukan pilihan yang tepat dari kedua jalur pendidikan di atas, maka pada artikel kali ini saya akan menyebutkan poin-poin perbedaan home schooling dan private schooling, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai keduanya.

Perbedaan Home Schooling dan Private Schooling

5 Perbedaan Utama Home Schooling dan Private Schooling

1.Perbedaan Dari Segi Orientasi Belajar

Home Schooling : Orientasi belajar pada home schooling bukanlah nilai, tetapi perubahan pada prilaku, pikiran, dan sikap. Artinya, jalur pendidikan yang satu ini tidak menargetkan pencapaian nilai yang tinggi, tetapi lebih menekankan perubahan yang lebih baik pada anak didik terkait dengan pola pikir, tingkah laku, dan sikapnya dalam kehidupan sehari-hari.

Private Schooling : Orientasi belajar pada private schooling tetap pada penuntasan kurikulum sekolah. Jadi target yang ingin dicapai pada jalur pendidikan yang satu ini adalah bagaimana anak didik bisa lulus ujian nasional dengan nilai yang tinggi atau memuaskan.

2.Perbedaan Dari Segi Kurikulum

Home Schooling : Kurikulum yang digunakan padahome schooling adalah realita hidup dan kehidupan yang sedang dihadapi dan akan dihadapi oleh anak didik.

Private Schooling : Kurikulum yang digunakan padaprivate schooling adalah kurikulum nasional yang ditetapkan oleh pemerintah.

3.Perbedaan Dari Segi Proses Belajar

Home Schooling : Proses belajar yang dijalankan padahome schooling menggunakan banyak model pendekatan (Multi Approach) terkait bagaimana menghadapi masalah yang ada, contoh kasus dan cara penanganannya, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Private Schooling : Proses belajar yang dijalankan padaprivate schooling sesuai dengan budaya sekolah pada umumnya, yaitu guru menerangkan dan murid mendengarkan, guru memberikan soal dan murid menjawab, guru aktif dan murid pasif. Intinya, sumber belajar pada jalur pendidikan ini adalah guru dan buku paket, bukan realita kehidupan yang dihadapi saat ini atau di masa mendatang.

4.Perbedaan Dari Segi Pengajar

Home Schooling : Guru atau pengajar padahome schooling adalah setiap individu yang kompoten dalam bidang ini. Biasanya yang bertindak sebagai guru adalah anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakak, paman, bibi, tetangga, dan yang lainnya.

Private Schooling : Guru atau pengajar padapadaprivate schooling adalah individu yang memang telah mendapatkan legalitas atau sertifikasi pengajar yang telah disahkan oleh sebuah lembaga sekolah atau sebuah lembaga negara.

5.Perbedaan Dari Segi Materi Pelajaran

Home Schooling : Materi pelajaran padahome schooling berskala prioritas berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan dalam meraih perubahan yang dinginkan dan dicita-citakan.

Private Schooling : Materi pelajaran padaprivate schooling bersumber dari karya tulis individu tertentu yang termuat ke dalam buku atau jurnal pelajaran.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan home schooling dan private schooling yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat bagi Anda selaku orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *