Parenting Islami Level Dasar (Basic)

Parenting islami atau pendidikan dalam islam terhadap anak-anak memiliki peranan yang penting. Melalui pendidikan tersebut anak-anak diajarkan berbagai hal yang semestinya mereka ketahui terkait dengan hubungan kepada Allah dan hubungan kepada sesama manusia. Hal ini nantinya akan membentuk mereka menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah serta bertakwa kepada Allah Azza Wajalla.

Sesuai dengan namanya, parenting islami berarti mengacu kepada pendidikan yang berlandaskan islam dan dibangun di atas Al-Qur’an dan sunnah. Hal inilah yang merupakan kewajiban yang harus ditunaikan bagi setiap orang tua dan pengajar.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah menegaskan dalam ucapan beliau tentang pentingnya parenting islami :

ويجب تعليم أولاد المسلمين ما أمر الله بتعليمهم إياه وتربيتهم على طاعة الله ورسوله كما قال النبي صلى الله عليه وسلم : مروهم بالصلاة لسبع واضربوهم عليها لعشر وفرقوا بينهم في المضاجع

“Dan wajib untuk mendidik anak-anak kaum muslimin sebagaimana yang Allah telah perintahkan untuk mendidik mereka, dan mentarbiyyah (mengajari) mereka untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya, sebagaimana sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam ‘Perintahkanlah mereka untuk melaksanakan sholat saat berusia 9 tahun, pukullah mereka karena meninggalkan sholat saat berusia 10 tahun, dan pisahkanlah mereka di tempat-tempat tidur.” (Majmu’ Fatawa Jilid 11, hal.274).

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan menyebutkan beberapa poin penting yang merupakan bagian dari parenting islami level dasar (basic). Yuk simak poin-poinnya sebagaimana di bawah ini :

Parenting Islami Level Dasar

Poin-Poin Penting Parenting Islami Level Dasar (Basic)

1.Setiap Anak Terlahir di Atas Fitrah

Salah satu poin penting yang harus dipahami dalam parenting islami adalah setiap anak dilahirkan di atas fitrah yang bersih dan suci. Kejelekan dan keburukan berasal dari luar dan mengotori fitrah tersebut. Karena itulah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

كل مولود يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أو ينصّرانه أو يمجّسانه

“Setiap bayi lahir di atas fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya yahudi , nashrani, atau majusi.” (Riwayat Muttafaqun Alaihi  dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu Anhu).

Berdasarkan pengetahuan dasar yang penting ini, seorang anak hendaknya mendapatkan pendidikan yang baik sejak awal perkembangannya. Kejelekan dan keburukan yang muncul dari dirinya tidak lain disebabkan pengaruh-pengaruh dari luar yang mengotori dan merusak fitrah kebaikan yang ada pada dirinya.

2.Mendidik Anak dengan Kasih Sayang

Poin penting lainnya dalam parenting islami level dasar adalah pendidikan terhadap anak-anak seharusnya dibangun di atas kasih sayang, bukan sikap keras dan kaku. Allah Azza Wajalla berfirman :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah Lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu (Surah Ali Imran : 159).

Kelembutan dalam mendidik anak-anak terlihat pada pribadi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Diantara contohnya adalah tatkala beliau menegur Umar bin Abi Salamah yang kurang beradab ketika makan. Ketika itu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tidak menghardiknya, tidak memukulinya, tidak mengeluarkan kata-kata keras padanya. Bahkan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menegurnya dengan kelembutan, di mana beliau berkata :

يا غلام، سمِّ اللهَ، وكُلْ بيمينك، وكُلْ مما يليك

“Wahai anak, ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang terdekat darimu.” (Diriwayatkan oleh Muttafaqun Alaihi dari sahabat Umar bin Abi Salamah Radhiallahu Anhuma).

3.Mengontrol dan Mengawasi Anak-Anak Sebaik Mungkin

Poin penting lainnya terkait dengan parenting islami level dasar adalah melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap anak-anak sebaik mungkin. Sebab, anak-anak ibarat lembaran kertas yang putih bersih, mudah ternodai oleh kotoran yang kecil sekalipun.

Saat anak-anak bermain dan berinteraksi di luar, tentu dia banyak melihat dan mendengar berbagai hal di sekelilingnya. Sedangkan tidak semua yang dia lihat dan dengar merupakan hal yang baik. Jika tidak diawasi, besar kemungkinan mereka akan terkontaminasi dengan hal-hal buruk yang seharusnya dijauhkan dari mereka.

Selain ketiga poin penting di atas, tentu saja masih ada beberapa poin penting lainnya yang merupakan parenting islami level dasar (basic) yang tidak sempat saya uraikan lebih lanjut, misalnya keharusan bagi setiap orang tua dan pendidik untuk menjadi teladan yang baik bagi anak-anak, mengajarkan sikap bertanggungjawab kepada anak-anak, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *