Aqiqah Solo Menu Terlengkap dengan Kambing Terbaik

Paket Aqiqah Solo Menu Terlengkap dengan Kambing Terbaik

Paket Aqiqah Solo, Gratis Sertifikat, Souvenir Cantik, Termasuk Ongkos Kirim. Layanan Aqiqah Terpercaya, Profesional, Halal, Higienis.

Harga Paket Aqiqah Solo

TipeKambing JantanKambing BetinaBiaya MasakGulai / Sop
ARp. 1.000.000Rp. 1.300.000Rp. 300.00050 Porsi
BRp. 1.100.000Rp. 1.400.000Rp. 300.00060 Porsi
CRp. 1.200.000Rp. 1.500.000Rp. 350.00070 Porsi
DRp. 1.300.000Rp. 1.600.000Rp. 350.00080 Porsi
ERp. 1.500.000Rp. 1.800.000Rp. 400.00090 Porsi
FRp. 1.600.000Rp. 1.900.000Rp. 400.000100 Porsi
GRp. 1.700.000Rp. 1.200.000Rp. 500.000110 Porsi

Menu Masakan

  • Kepala, Tulang Iga, Kaki & Jeroan = Sop, Gulai atau TOngseng ( Pilih Salah Satu )
  • Daging = Teriyaki, Rendang, Semur, Lada Hitam, Oseng Daging atau Rica – Rica ( Pilih Salah Satu )

*DISCLAIMER ON
**Harga paket aqiqah di atas hanya ilustrasi, sekedar merupakan indikasi/tidak update. Harga yang update dan berlaku silahkan di tanyakan langsung ke kami via whatsapp/telpon.

Paket Aqiqah Nasi Box

TipeHargaMenu
ARp. 13.000Nasi Putih, Acar, Kerupuk, Buah, Tisu, Sendok
BRp. 15.000Nasi Putih, Kentang Balado, Acar, Kerupuk, Buah, Tisu, Sendok
CRp. 17.000Nasi Putih, Telor Rebus, Kentang Balado Acar, Kerupuk, Buah, Tisu, Sendok
DRp. 24.000Nasi Putih, Ayam Goreng/Bakar Acar, Kerupuk, Kentang, Buah, Tisu, Sendok

Pengertian Aqiqah

Dikutip dari buku Aqiqah: Tata Cara dan Doanya karya Abu Nur Ahmad al-Khafi Anwar bin Shabri Shaleh Anwar (2021:2), pengertian aqiqah secara bahasa merupakan rambut anak yang baru lahir. Sementara s

Pengertian aqiqah akan bisa dipahami dengan baik, jika kita memperhatikan pengertian dari segi bahasa dan istilah. Perlu diketahui bahwa aqiqah secara bahasa (etimologi) berasal dari kata Al-‘Aqqu. Sedangkan asal penggunaan kata Al-‘Aqqu bemakna Asy-Syaqqu (Merobek) dan Al-Qath’u (Memotong/memutuskan).  Contoh penggunaan dalam bahasa arab, misalnya kalimat ‘Aqqa Al-Barqu yang artinya ‘Petir itu terputus’.

Agar lebih memahami pengertian aqiqah, tentu harus diketahui pengertiannya dari sisi istilah (terminologi) atau syariat. Perlu diketahui bahwa secara istilah, aqiqah adalah apa yang disembelih untuk (kelahiran) anak ketika dicukur rambutnya sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah.

Dari pengertian aqiqah di atas, diketahui bahwa aqiqah merupakan sebuah amalan berupa sembelihan kambing atau domba yang sudah memenuhi kriteria, yang mana penyembelihan tersebut sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan berupa hadirnya seorang anak yang merupakan pelipur lara bagi kedua orang tuanya.

Jasa Aqiqah Solo

Aqiqah Solo adalah jasa penyelenggaraan syukuran kelahiran bayi sesuai syariat Islam yang mencakup wilayah kota tersebut dan sekitarnya. Layanan nomor satu di Indonesia karena kualitasnya yang tidak disangsikan lagi.

Solo merupakan kota kabupaten cukup ramai di Jawa Tengah. Wilayah yang kerap menjadi destinasi wisata di Indonesia. Sebagian besar masyarakatnya Beragama Islam. Jadi, tidak heran jika di sini diperlukan jasa layanan aqiqah.

Jasa ini membantu keluarga Islam dalam menyelenggarakan syukuran kelahiran bayi sesuai syariat, yang disebut aqiqah. Anda dapat menggunakannya untuk mencari kambing yang tepat hingga pendistribusian, sampai acara aqiqah itu sendiri.

Aqiqah Solo, Hukum Aqiqah, Paket Aqiqah
Sumber: pexels-rajukhan pathan

Baca Juga: Tata Cara Aqiqah Anak Berdasarkan Syariat Islam

Aqiqah dengan Kambing Jantan atau Betina

“Dari ‘Amr bin Syu’aib, Rasulullah bersabda: Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.” (Hadits Riwayat Abu Dawud, Nasa’I, Ahmad).

Berdasarkan hadist di atas, ketentuan kambing aqiqah hanya dua untuk bayi laki-laki dan satu untuk anak perempuan. Selebihnya, sama dengan hewan untuk kurban, hewan aqiqah disyaratkan sehat dan dengan usia tertentu. Maksud hal ini adalah untuk keamanan dan kenyamanan dalam konsumsi.   

Bayangkan, jika Anda menggunakan hewan kambing yang baru berusia kurang dari 6 bulan. Mereka masih kecil sehingga daging yang dihasilkan juga masih sedikit.

Tidak ditemukan kambing jantan atau betina untuk aqiqah. Hanya saja, kambing jantan mempunyai berat dan ukuran tubuh lebih besar. Tentu dagingnya juga lebih banyak. Orang yang menerima daging olahannya lebih banyak. Meski demikian, harga kambing jantan lebih mahal. Hal tersebut sesuai spesifikasinya.

Baca Juga: Aqiqah Sidoarjo yang Paling Terpercaya dan Terbaik

Apa Menu Aqiqah Solo yang Favorit?

Pada dasarnya menu favorit Aqiqah di Solo hampir sama dengan di daerah lain. Anda dapat saja memesan menu favorit meskipun berada di kota Jawa Tengah ini, seperti soto kambing, kare, dan kambing guling.

Namun, di sini ada beberapa menu berbahan dasar kambing yang khas Solo. Mau tahu apa saja? Simak uraian singkat berikut.

  1. Gulai Kambing
    Gulai sejatinya lebih dikenal berasal dari wilayah Sumatera. Kambing diolah dan dipotong kecil kemudian ditambah santai berbumbu kuning. Bedanya, gulai khas Solo mempunyai rasa sedikit lebih manis.
  2. Tongseng
    Tongseng adalah makanan olahan daging kambing khas solo. Daging dipotong kecil-kecil, biasanya berbentuk dadu. Bumbu olahannya hampir sama dengan gulai bersantan. Namun, tongseng diberi tambahan kecap sehingga warnanya lebih coklat. Tongseng sering disajikan bersama dengan sate.
  3. Tengkleng
    Jika Anda memasak tongseng kambing, bagian tulang muda dan otak akan tersisa. Di Aqiqah Solo Anda dapat memintanya dibuat tengkleng. Bumbu olahannya sama dengan gulai tetapi tidak bersantan. Bagian kambing yang kami gunakan adalah daging muda, tetelan (daging berlemak), otak, dan kaki.

Baca Juga: Tumbuh Kembang Anak yang Jangan Sampai Terlewat Lho

Penyedia Jasa Aqiqah Solo Menu Terlengkap di Sini

Apa menu favorit Anda? Rumah Kita Aqiqah menyediakan menu lengkap, untuk Anda yang berada di mana saja. Kami mempunyai perwakilan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Jadi, menu gulai, kare, tengkleng, hingga tongseng dan lainnya.

Tidak perlu khawatir dengan kualitas kambing dan lainnya. Layanan kami pastikan akan sesuai syariat. Kambing yang kami tawarkan sesuai dengan ketentuan umur dan sehat. Anda dapat memilihnya sendiri yang sesuai budget. Begitu pula untuk menu, dapat Anda sesuaikan pula.

Beberapa paket hemat juga kami sediakan dalam bentuk kotak lengkap berisi olahan kambing dan nasi. 

Jadi, jangan lupa! Untuk semua keperluan syukuran yang disunnahkan untuk kelahiran bayi, ingat Aqiqah Terdekat di Solo di sini.

Aqiqah Solo, Rumah Aqiqah, Aqiqah Terdekat, Paket Aqiqah
Sumber: pexels-pixabay 265987

Kuliner khas Solo yang Menguggah Selera

Kota Solo atau Surakarta adalah salah satu kota besar di Jawa Tengah. Fakta mengejutkan, ternyata di kota ini tidak banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Namun, sebagai gantinya makanan khas Solo bisa menjadi tujuan utama untuk Ayah Bunda datang ke kota itu. Berikut Info Aqiqah rangkum makanan khas Solo yang dilansir dari beberapa sumber :

Makanan Khas Solo : Tengkleng

Rasanya belum lengkap jika berwisata ke Solo tetapi belum mencoba tengkleng. Makanan yang berbahan dasar tulang kambing ini sudah terkenal sejak zaman Belanda dulu. Tekstur tengkleng hampir mirip dengan dengan gulai kambing, hanya saja kuahnya lebih encer. Namun, saat ini juga terdapat tengkleng dengan sedikit kuah.

Menurut sejarah yang ada, tengkleng ini dulunya dibuat oleh para tukang masak kerajaan yang tidak bisa menikmati daging kambing. Dengan kreatifnya yang berujung para juru masak tersebut memasak tulang kambing tersebut menjadi sajian yang nikmat dan terkenal sampai sekarang.

Selat Solo

Selain tengkleng, Ayah Bunda sepertiny wajib untuk mencoba Selat Solo. Makanan ini punya julukan sebagai salad-nya Jawa tengah. Selat Solo ini terdiri daging dan juga sayuran rebus, terlihat sangat mirip dengan hidangan steak ala Barat bukan?. Dan ternyata sajian ini merupakan perpaduan antara sajian khas solo dan juga Eropa.

Brem

Brem khas Solo ini ternyata sangat unik dan berbeda dengan brem yang biasa kita temui di kota lain, terutama soal cita rasa yang terbilang menjadi brem yang paling enak. Makanan yang berbentuk bulat dan padat dengan warna putih, bisa Ayah Bunda temukan di beberapa toko oleh-oleh, atau bisa mengunjungi Pasar Gede.

Ampyang

Terakhir, makanan khas Solo adalah Ampyang. Makanan yang satu ini terbuat dari kacang, gula merah dan air jahe. Jika kita lihat sekilas bentuknya mirip peyek kacang, tetapi rasanya tentu sangat berbeda karena ada rasa jahenya. Ada beberapa jenis rasa yang ditawarkan oleh setiap penjual Ampyang di Solo, yaitu pedas manis dan manis gurih.