Manfaat Membacakan Dongeng Anak yang Tak Terbantahkan

Pernahkah mendengar pernyataan mengenai manfaat dongeng anak bagi pertumbuhan buah hati? Ternyata hal itu bukan isapan jempol belaka saja karena memang terbukti kebenarannya. 

Membacakan dongeng kepada anak itu memiliki banyak sekali manfaat yang sudah terbantahkan lagi, yang mana akan di bahas pada ulasan kali ini. Membacakan dongeng secara berkala dan aktif kepada anak, akan mendorong kedekatan serta imajinasi mereka jauh lebih berkembang.

Dongeng Anak

Selain bisa menjadi media hiburan, mendengarkan dongeng untuk buah hati di sela waktu senggang atau menjelang tidur memang sangat dianjurkan. Apalagi saat ini ayah dan bunda tidak perlu repot mencari buku dongeng, karena hanya dengan ponsel pintar di genggaman ribuan jenis cerita bisa didapatkan. Nah, kira-kira apa saja manfaat dan tips menjadi pendongeng yang baik untuk anak? Mari simak ulasannya berikut ini!

Cerita Dongeng  yang Merangsang Rasa Ingin Tahu Si Kecil

Manfaat membacakan cerita dongeng pertama adalah merangsang rasa ingin tahu si kecil. Rangsangan ini membuat daya kreativitas mereka meningkat.

Misalnya, dongeng tentang kancil dan buaya. Si kecil akan penasaran dengan cerita akhirnya. Mungkin saja dia akan membuat atau menghayal sendiri. 

Baca Juga: Mainan Anak Perempuan yang Seru dan Edukatif

Memperkenalkan Anak ke Dunia Buku

Lewat mendengarkan orang tua mendongeng tentu saja ini bisa menjadi satu langkah baru dalam mengenalkan anak ke dunia buku yang luas. 

Anak yang sudah terbiasa mendengarkan dongeng dan melihat bentuk fisik dari buku sejak dini maka cenderung akan mudah tertarik terhadap suatu bacaan. Saat sudah dapat membaca, mereka akan berusaha menggali dan menambah bacaan sendiri. 

Lewat mendongeng dan mengajak anak mengenal berbagai kisah cerita akan membuat Ia merasa jauh lebih nyaman belajar kosakata baru dari dunia buku yang luas.

Mempererat Hubungan antara Ibu dan Anak

Manfaat mendongeng tidak hanya menjadi media hiburan atau memperkenalkan anak ke dunia buku yang luas agar kelak mereka bisa rajin dan terbiasa membaca. 

Dengan mendongeng kepada anak maka tentu saja hubungan antara anak dan ibu atau orang tua menjadi jauh lebih dekat dan erat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan saat mendongeng, orang tua akan menjadi jauh dekat dengan anak, lebih sering berkomunikasi dan bersinergi bersama.

Tips Menjadi Pendongeng yang Baik

Ketika mendongeng tentu saja orang tua harus membuat anak merasa nyaman dan memiliki atensi besar terhadap kisah yang tengah dibacakan. Oleh sebab itu mari simak beberapa tips berikut untuk bisa menjadi pendongeng yang baik!

  1. Memahami cerita yang akan dibacakan pada anak, caranya dengan membaca sendiri terlebih dahulu.
  2. Memahami setiap karakter dan jalan cerita
  3. Banyak membaca berbagai jenis dongeng agar semakin mahir dalam mempraktekkannya
  4. Menggunakan boneka peraga jika ada, agar menambah atensi anak
  5. Menirukan atau membuat suara sesuai karakter. Paling tidak, bacalah buku dengan semangat dan suara nyaring. Suara nantinya secara tidak disadari akan mengikuti.
  6. Menambah gesture saat mendongeng
  7. Memilih gaya saat mendongeng, agar unik dan menarik minat anak untuk menyimaknya. Jika sudah beberapa kali, Anda dapat juga mendongeng secara bergantian dengan anak. Biarkan mereka menceritakan versinya setelah beberapa kali dibacakan versi buku.

Itulah di atas berbagai uraian menarik mengenai dongeng yang ternyata memiliki banyak manfaat. Dongeng dapat merangsang rasa ingin tahu si kecil, meningkatkan minat terhadap buku, dan mempererat hubungan orang tua dan buah hati.

Tidak perlu dibacakan sebelum tidur. Anda dapat juga membaca di waktu tertentu yang sudah disepakati. Yang penting, jangan sampai masa-masa baik ini terlewatkan begitu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *