Mainan Bayi untuk Membantu Perkembangannya

Memiliki bayi atau buah hati tentu saja menjadi satu kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan di dunia ini. Apalagi ketika sang anak tengah menjalani perkembangan dan lucu-lucunya. 

Mainan Bayi

Nah, saat bayi tengah dalam masa berkembang tentu saja ada berbagai hal yang harus didukung guna mengembangkan secara optimal kemampuan diri mereka. Adapun salah satu cara untuk membantu perkembangan pertumbuhan bayi adalah dengan memberikan mainan yang tepat pada mereka.

Mainan? Ya benar sekali, mainan yang merupakan bagian dari media hiburan untuk anak ternyata malah bisa membantu melatih keterampilan buah hati. Memilih mainan yang tepat bisa menjadi satu sarana untuk bayi anda bisa berkembang mulai dari sistem motoriknya hingga berbagai koordinasi organnya. 

Kira-kira apa saja fungsi dari mainan dan jenisnya yang cocok untuk menjadi rujukan? Yuk simak ulasan berikut ini guna menemukan jawabannya! 

Manfaat Bermain untuk Bayi

Bermain untuk bayi itu penting dan kaya sekali manfaatnya. Bagi para orang tua jangan sampai malas untuk mengajak buah hati bergerak aktif ya. 

Meski masih bayi dan belum dapat bergerak dan berpindah dengan cepat namun sejak dini memang tumbuh kembang anak harus dilatih dengan melakukan permainan sederhana. 

Manfaat bermain bagi bayi itu sendiri adalah bisa meningkatkan fokus mereka, mengurangi stress, hingga menstabilkan emosional.

Tidak hanya beberapa manfaat di atas, keuntungan bayi bermain secara aktif adalah bisa meningkatkan kreativitas juga merangsang kebahagiaan dari diri buah hati. Bayi yang lebih sering diajak bermain secara aktif maka akan tumbuh jauh lebih percaya diri dan mudah dalam berkomunikasi karena sejak dini sudah dilatih. 

Mainan yang Melatih Keterampilan Motorik

Tentu saja mainan untuk melatih keterampilan motorik bayi dan usia anak batita itu berbeda. Anda harus memperhatikan agar tidak salah membelikan mainannya. 

Berikut ini adalah deretan mainan terbaik untuk melatih keterampilan motorik bayi anda!

  1. Bouncer serta ayunan.
  2. Kerincingan .
  3. Puzzle khusus bayi.
  4. Bola sensorik.
  5. Kain berwarna.
  6. Balok warna.
  7. Winkel color burst yang bisa juga menjadi teether yang aman bagi bayi.
  8. Ring stacks

Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Koordinasi mata dan tangan bagi bayi juga sangat penting sekali dan menjadi sebuah perhatian. Nah, cara melatih koordinasi kedua organ tersebut antara lain dengan memasang mainan gantung di atas boks tempat tidur mereka. Bayi akan berusaha meraih mainan tersebut.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Laki-Laki

Beberapa Mainan yang Cocok untuk Bayi

Sebenarnya untuk mainan yang cocok untuk bayi sendiri intinya harus memiliki syarat bermaterial aman dan tidak memiliki bentuk membahayakan. 

Beberapa mainan yang cocok untuk bayi selain rekomendasi di atas adalah ada Baby Playmat serta Playgym, kemudian ada kerincingan dan buku. 

Selain itu, orang tua juga bisa memberikan mainan gantung, boneka, mainan karet, hingga mainan gigit.

Ingin yang lebih sederhana dan biaya terjangkau? Anda dapat juga menggantung kain bekas warna-warni di atas boks atau sekeliling tempat tidur. Mainan gigit juga daoat langsung digantikan dengan biskuit yang memang fungsinya sekaligus dapat dimakan.

Bagaimana? Ternyata ketika sebagai orang tua dan memiliki bayi yang masih dalam tumbuh kembang harus memberikan asupan dan penjagaan tidak cukup. Ada berbagai hal yang harus di perhatikan oleh orang tua antara lainnya adalah melatih keterampilan motorik anak, koordinasi organ mata hingga tangan, serta bagaimana mengelola perkembangannya. Yuk, optimalkan tumbuh kembang mereka!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *