Mainan Anak Perempuan yang Seru dan Edukatif

Memiliki anak perempuan? Maka dalam mendukung perkembangan aktifnya maka sebagai orang tua harus mampu memberikan berbagai dorongan moril termasuk saat anak bermain. Dalam keseharian, pola pengasuhan pada anak perempuan dan laki-laki disarankan tidak berbeda. 

Namun, Anda boleh saja memberikan pendidikan sexual dan aturan lainnya melalui permainan. Ini penting agar kelak anak tidak kehilangan identitas diri.

Tahukah Anda bahwa ternyata permainan untuk anak laki-laki dan perempuan memiliki kecenderungan yang berbeda dari pola dan alat bermainnya. Oleh sebab itu sebagai orang tua maka menjadi wajib sekali untuk anda memperhatikan dan mendukung segala kebutuhan permainan anak.

Permainan Anak-anak Perempuan yang Edukatif

Ketika Anda memiliki anak perempuan yang tengah dalam masa pertumbuhan, selain mengajari moral dan pendidikan maka bermain juga harus menjadi perhatian. 

Melakukan kegiatan bermain secara berkala dan dalam waktu yang tepat bisa merangsang kepercayaan diri anak, kreatifitas, cepat tanggap, hingga menimbulkan hobi yang bermanfaat di kemudian hari. 

Jangan salahkan dan tekan anak hanya untuk belajar berbagai materi pendidikan formal saja karena nyatanya ada berbagai manfaat dari melakukan permainan pada sang buah hati.

Adapun untuk permainan anak-anak perempuan yang edukatif pertama adalah masak-masakan, kemudian ada bermain boneka, finger painting, mewarnai hingga mendongeng. Tidak hanya beberapa ide permainan tersebut, anak-anak juga bisa mencoba bermain bunga, mencetak pasir, dress up, memainkan alat musik hingga bermain puzzle . 

Berbagai jenis permainan tersebut bisa coba Anda terapkan pada buah hati dalam kesehariannya untuk merangsang daya kreatifitas dan pertumbuhannya!

Baca Juga: Pendidikan Anak Usia Dini, Perlukah Itu?

 

Manfaat Bermain Boneka Bagi Anak Perempuan 

Sebagian besar anak perempuan mempunyai kecenderungan bermain boneka.

Bermain boneka bagi anak perempuan sebagai salah satu jenis permainan yang seru. Selain itu, saran ini mempunyai banyak keunggulan, antara lain:

  1. Anak akan lebih terampil secara sosial dengan banyak berkomunikasi dengan sang boneka. Kosa kata anak bertambah.
  2. Anak akan lebih belajar rasanya bertanggung jawab, misal dengan menjaga boneka yang diberikan.
  3. Belas kasih dan empati akan lebih mudah timbul saat anak perempuan Anda bermain boneka.
  4. Anak akan lebih kreatif dan pandai berimajinasi.
  5. Meningkatkan kemampuan verbal anak dalam berkomunikasi.

Manfaat Bermain Masak – Masakan Jarang Diketahui

Selain bermain boneka, tentu saja permainan masak-masakan ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat yang masih jarang sekali untuk diketahui. 

Termasuk dalam permainan ini adalah minum teh bersama dan main belanjaan.

Permainan yang termasuk kategori bermain peran ini, mempunyai manfaat sebagai berikut.

  1. Melatih motorik halus anak dalam bergerak
  2. Mengembangkan kemampuan anak dalam berimajinasi
  3. Belajar bagaimana caranya memecahkan masalah dengan memasak itu sendiri
  4. Mengembangkan kemampuan verbal dan bahasa anak

Rekomendasi Mainan Anak Perempuan

Adapun rekomendasi mainan untuk anak perempuan itu sangatlah beragam, beberapa di antaranya sama dengan laki-laki. Yang terpenting tentu saja semuanya harus dikategorikan sesuai kebutuhan dan umur anak. 

Anda bisa memberikan anak mainan seperti lego, puzzle, mainan dokter-dokteran, dan masak-masakan, rumah boneka atau boneka. Pastikan intinya untuk memberikan mainan sesuai usianya ya!

Mainan Anak Perempuan

Beberapa permainan yang disebutkan di atas kini tersedia dalam berbagai bentuk dan warna. Anak dapat memilih sesuai minat. Misalnya, puzzle dengan potongan gambar Princes untuk anak perempuan dan peralatan permainan berwarna pink. Anak perempuan suka dengan hal-hal yang berwarna demikian. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *