Mainan Anak dan Manfaatnya untuk Perkembangan Otak

Memiliki anak yang tengah berkembang aktif tentu saja menjadi satu kebahagiaan dan kebanggaan orang tua, bukan? Nah untuk mendukung perkembangan otaknya, maka orang tua perlu memperhatikan banyak kebutuhan anak.  Salah satunya dengan pemberian mainan anak.

mainan anak

 

Kebutuhan anak itu sendiri meliputi sandang, pangan, papan, kasih sayang dan juga dukungan dalam menumbuhkan perkembangan otaknya dengan bermain. Meski terkesan santai, namun ternyata bermain itu juga merupakan salah satu bentuk edukasi terhadap anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Biasanya orang tua berpikir bahwasanya perkembangan otak anak-anak itu hanya didukung dan dipengaruhi oleh belajar saja, namun sebenarnya tidak loh. 

Permainan yang anak geluti nyatanya bisa bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak, kreatifitas, perkembangan, kepercayaan diri, dan masih banyak lagi. 

Nah tanpa berlama-lama, mari simak ulasan ringkas dan lugas berikut ini mengenai manfaat mainan sebagai penunjang perkembangan otak buah hati tersayang!

Manfaat Bermain untuk Anak

Bermain merupakan sebuah kegiatan yang sebenarnya sangat anak butuhkan ketika tengah menyusun tumbuh kembangnya, selain belajar materi pendidikan formal tentunya. 

Bermain akan membantu anak untuk bisa bergerak aktif, percaya diri, dan melatih imajinasinya menjadi lebih berkembang lagi. 

Tidak hanya itu bermain juga memiliki manfaat untuk memberi stimulus anak untuk lebih banyak berkomunikasi dengan dunia sekitarnya dan dapat menambah kosa kata baru.

Anak-anak juga bisa mendapatkan manfaat bermain berupa lebih memiliki banyak teman, sehat secara jasmani, lebih bisa memecahkan masalah bahkan bisa menemukan bakat terpendamnya. Dalam istilah psikologi, bermain dengan teman dapat meningkatkan kecerdasan sosial dan bahasa.

Meski memiliki segudang manfaat, namun tentu saja anda selaku orang tua harus pandai membatasi jenis permainan yang anak anda lakukan. 

Berikan pengawasan dan bimbingan setiap saat ketika anak bermain agar tidak salah dalam memilih jenis permainannya.

Baca juga; Cara Mendidik Anak yang Baik dan Sesuai Umur Sikecil

Mainan yang  Melatih Konsentrasi

Berikut ini ada beberapa jenis permainan yang mana bisa menjadikan anak lebih terlatih konsentrasinya.

  1. Puzzle, bisa melatih konsentrasi dan perkembangan pola pikir anak dalam memecahkan suatu masalah. Mainan ini juga dapat melatih emosional, khususnya kesabaran.
  2. Lego, mampu mengajarkan anak untuk bertindak kreatif dan fokus dalam merakit berbagai kepingan lego yang ada.
  3. Mainan bongkar pasang dan balok, bisa melatih kreativitas dan fokus anak dalam mengenali berbagai bentuk.
  4. Pancingan ikan, melatih fokus anak dalam mencari ikan dan melatih kesabarannya.
  5. Flash card, mampu menstimulus daya ingat anak dalam mengingat sebuah teka-teki.

Mainan yang Meningkatkan Kreativitas dan Perkembangan Anak

Adapun jenis permainan untuk meningkatkan kreativitas serta perkembangan anak juga ada banyak sekali loh pilihannya. Apa saja kiranya? Yuk simak ulasannya sebagai berikut!

  1. Puzzle, mampu meningkatkan kreativitas dan pola pikir anak dalam memandang sesuatu.
  2. Congklak, membuat anak lebih mampu membuat strategi dan berkembang.
  3. Flash card.
  4. Perangkat dokter-dokteran atau masak-masakan.
  5. Lego.

Memanfaatkan Bahan di Sekitar Rumah untuk Mainan Anak

Selain membeli mainan, Anda selaku orang tua juga bisa memanfaatkan bahan di sekitar rumah sebagai mainan anak. 

Misalnya saja, membuat mainan anak dari kertas bekas dibuat menjadi bentuk tertentu seperti kapal, robot, atau burung. Kemudian membuat mobil-mobilan, rumah boneka atau lainnya dengan kardus. 

Jangan lupa, agar mainan berhasil sesuai fungsi dan manfaatnya sesekali orang tua harus ikut terlibat dengan mereka. Bersama bermain lego dan memecahkan puzzle, bermain minum teh, dan lain-lain akan membuat anak senang dan meningkatkan kedekatan dengan orang tua. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *