Mainan Anak 1 Tahun yang  Tepat  Sesuai  Perkembangannya

Orang tua yang memiliki anak jelang atau berusia sekitar tahun, tentu tahu bahwa buah hati harus diberikan sarana tumbuh kembang optimal. Hal tersebut dimulai dari memberikan asupan ASI eksklusif, pemberian pendampingan makanan bergizi, atau cek kesehatan berkala. Mainan Anak 1 Tahun.

Namun tahukah Anda, bahwa selain beberapa rutinitas  tersebut, memberikan mainan yang tepat ke pada anak usia 1 tahun juga penting dan bisa merangsang pertumbuhannya?

Mainan yang sesuai dengan perilaku umum anak usia 1 tahun dan dapat mengasah motorik harus menjadi pilihan utama.

Mainan Anak 1 Tahun

 

Perilaku Anak di Umur 1 Tahun

Umumnya perilaku anak umur 1 tahun sudah mampu mulai bergerak aktif dan merespon berbagai hal yang diberikan lingkungan.

Mereka normalnya sudah mampu mengucapkan beberapa kosakata sederhana seperti misalnya panggilan untuk orang nama, barang kesukaannya atau lainnya. Beberapa anak dengan kemampuan bahasa cukup baik, sudah mampu memahami kata sederhana yang diucapkan orang lain.

Tidak hanya berbicara secara sederhana, anak usia 1 tahun juga biasanya sudah mampu berdiri atau berjalan sendiri, meski di beberapa kasus tidak demikian. 

Anak usia 1 tahun juga normalnya sudah bisa berkembang dari segi kemampuan motorik halusnya, seperti mulai bisa meraih sesuatu, menggenggam, atau memasukkan benda ke dalam mulut. 

Mereka juga bisa mulai merasakan emosional dirinya yang coba di teruskan ke lingkungan sekitar, seperti merasa sedih, malu atau senang. 

Mengingat anak-anak di usia ini sudah mulai mengalami perkembangan maka sebagai orang tua harus mampu membimbing setiap langkah buah hati ya!

Mainan Mengasah Motorik Halus

Adapun berbagai mainan yang bisa mengasah motorik halus anak usia 1 tahun sendiri itu ada banyak sekali jenis produknya. 

Umumnya, anak akan berkembang motorik halusnya jika motorik kasar berkembang terlebih dahulu. 

Misalnya, buah hati dapat mengambil benda kecil dengan dua jari. Sebelumnya, anak juga sudah dapat menggenggam dan memindahkan benda besar dari satu tangan ke tangan lain.

Berikut ini akan beberapa ide mainan yang bisa Anda gunakan untuk melatih kemampuan motorik halus buah hati!

  1. Balok dan puzzle
  2. Kertas origami
  3. Cetakan pasir
  4. Lilin mainan atau tanah liat berwarna yang mudah dibentuk
  5. Kolam balon
  6. Bola plastik
  7. Bongkar pasang
  8. Mainan apung seperti ikan-ikanan dari plastic
  9. Benda-benda kecil dan besar

Mainan yang mengasah motorik halus tidak harus mahal. Menyobek kertas dan meremasnya menjadi bagian lebih pada juga merupakan sarana bermain efektif memanfaatkan bahan yang ada di sekitar.

Baca Juga:
Home Schooling, Pengertian dan Apa Saja Peran Orang Tua?

Fitur yang Harus Ada Pada Mainan Anak 1 Tahun

Memilih jenis mainan yang baik dan disarankan untuk anak berusia 1 tahun itu cukup mudah. Meski demikian, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. 

Pertama dan utama fitur mainan yang boleh diberikan untuk anak usia 1 tahun adalah yang aman material penyusunnya. Anak kemungkinan besar masih memasukkan setiap benda yang dipegang ke dalam mulut, sehingga bahannya tidak boleh beracun, tajam, dan kecil.

Selain itu, mainan harus memiliki fungsi mengenalkan bentuk, warna, atau huruf. Kemudian haruslah mainan tersebut bisa membuat mereka bergerak aktif  dan membutuhkan koordinasi.

Jenis Mainan yang Disarankan untuk Anak 1 Tahun

Adapun jenis mainan yang disarankan untuk anak 1 tahun itu cukup beragam. Selain contoh mainan di atas, ada jenis musical toy, mainan susun, boneka bayi hingga activity table. Anda bisa membelinya dan mengajak anak bermain aktif dengan mainan yang ada!

Buku yang terbuat dari kain atau bahan tebal yang sulit sobek dapat menjadi sarana anak bermain dan berimajinasi dengan melihat gambar-gambar yang ada di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *