Layanan Aqiqah Bagaimana yang Sesuai Syariat?

Layanan Aqiqah Bagaimana yang Sesuai Syariat? Berbicara mengenai layanan aqiqah tentu tidak lepas dari hukum dan ketentuan yang sudah disyariatkan dalam Islam. Sebagai umat muslim hendaknya mengetahui tentang hal ini, terutama jika akan segera memiliki anak yang lahir ke dunia. Aqiqah pada dasarnya tidak perlu harus mahal, yang penting adalah sesuai dengan syariat Islam.

Nah, layanan aqiqah bagaimana yang sesuai syariat? Tentu saja layanan yang sesuai kriteria dan memenuhi ketentuan menurut para ulama. Yaitu berkenaan dengan umur kambing, siapa saja yang boleh makan, dan lain sebagainya.

Hukum Aqiqah

Hukum aqiqah menurut para ulama dibedakan menjadi 2 yaitu berhukum sunnah dan wajib. Secara sunnah, hukum aqiqah yaitu sunnah muakkadah (sunnah yang harus diutamakan). Artinya, jika seorang muslim mampu melaksanakannya (karena berharta) maka ia disarankan untuk melaksanakan aqiqah bagi anaknya saat anak tersebut masih bayi. Sementara bagi yang tidak mampu, pelaksanaan aqiqah bisa ditiadakan.

Sedangkan hukum yang wajib yaitu berdasarkan hadist riwayat Ahmad yang berbunyi “Anak-anak itu tergadai dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ke-7, dicukur kepalanya dan diberi nama” (HR Ahmad).

Dari hadist di atas, para ulama menafsirkan bahwa seorang anak tidak bisa memberi syafaat pada orangtuanya kelak apabila ia belum diaqiqah.

Baca Juga: Doa Aqiqah Shahih untuk Anak Perempuan dan Laki – Laki

Ketentuan untuk Kambing Aqiqah Menurut Para Ulama

Setiap ibadah dalam Islam ada ketentuan dan syaratnya agar sah. Untuk aqiqah, ada syarat kambing yang harus dipenuhi.

Terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan aqiqah, salah satunya yaitu syarat kambing aqiqah. Kambing tersebut harus memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan menurut para ulama, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Cukup umur, Usia minimal kambing sudah berumur 1 tahun, baik jantan maupun betina. 
  2. Tidak cacat, dalam hal ini seperti buta, terlalu kurus, pincang, dan lain sebagainya. 
  3. Dimasak terlebih dahulu baru dibagikan kepada orang lain. 
  4. Jumlah kambing tergantung jenis kelamin anak. Jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah tergantung dari jenis kelamin anak. Jika laki-laki yaitu 2 ekor dan jika perempuan 1 ekor.

Ciri-Ciri Layanan Aqiqah Sesuai Syariat

Ada banyak sekali jasa aqiqah yang murah, namun Anda tetap harus memperhatikan apakah layanannya sudah sesuai dengan syariat Islam ataukah belum. Oleh karena itu, Anda wajib mencari tahu seperti apa layanan yang hendak Anda pilih untuk aqiqah putra putri Anda. 

Anda bisa mencari tahu lewat rekomendasi teman atau saudara yang sudah pernah menggunakan layanan aqiqah atau mencari web layanan aqiqah profesional dan sudah memiliki review bagus.

Layanan aqiqah yang sesuai syariat pasti akan menjaga kualitas kambingnya. Kambing tidak cacat, sehat, sesuai dengan syariat, dan higienis dalam pemprosesannya. 

Selain itu, ketika sudah jadi masakan, mereka akan memberikan layanan terbaik dengan masakan yang higienis serta enak. Pengolahan juga bersih, kokinya professional dan packingnya rapi serta terkini. 

Layanan aqiqah terbaik akan memastikan pesanan Anda tepat waktu sesuai kesepakatan.

Solusi Layanan Aqiqah Sesuai Syariat

Seperti yang kita ketahui, bahwasannya aqiqah merupakan sunnah muakad dan sebaiknya kita segera melakukan aqiqah anak tanpa menunda-nunda. Namun, karena pekerjaan atau kesibukan lain terkadang keinginan untuk melaksanakan aqiqah anak menjadi tertunda. Apalagi mengurus aqiqah sendiri juga tidak mudah. 

Nah, zaman sekarang kita sudah dimudahkan dengan berbagai pilihan layanan aqiqah yang cukup variatif dan terpercaya. Anda tinggal mencari layanan yang tepat, sesuai syariat, terpercaya, dan syukur-syukur bisa dapat layanan yang murah.

Demikian informasi mengenai layanan aqiqah yang sesuai syariat. Pastikan Anda memahami ketentuan dan layanan aqiqah agar sesuai dengan syariat dan memenuhi syarat ya! Selamat mencari, semoga bertemu dengan layanan yang tepat sesuai ekspektasi Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *