Kumpulan Cerita Pendek Anak dan Pesan Moral Dibaliknya

Mengajari berbagai hal pada anak terkadang terasa sulit dan harus menggunakan cara lain yang lebih menyenangkan. Sebuah cerita pendek anak dapat menjadi sarana Anda akan lebih mudah mengajarkannya. Anak akan lebih mudah mengerti dan memahami saat melihat sebuah contoh pada cerita. 

Pada anak yang masih berusia kecil,  diperlukan usaha lebih dibandingkan dengan usia sekolah. Anak masih usia bermain dan lebih mudah mencontoh apa yang dilihat atau didengarnya. Apalagi jika yang ditontonnya adalah tokoh kesukaannya,  seperti hewan yang dianggap lucu. 

Ada banyak cerita anak yang menggunakan tokoh hewan atau fabel dengan beragam pelajaran di alamnya. Anak akan tak merasa sedang belajar karena dia asyik mendengarkan cerita. Anda bisa memberitahukan pelajaran yang terdapat pada cerita tersebut dibagian akhir. 

Cerita Anak Kelinci dan Kura-kura
(Jangan Suka Meremehkan & Jangan Sombong) 

Cerita Pendek Anak

Untuk dapat mengajari anak melalui sebuah cerita,  Anda tak perlu sibuk mencari dari negara lain. Indonesia pun memiliki cerita pendek anak yang memiliki makna baik untuk perkembangan anak. Seperti cerita anak kelinci dan kura-kura yang mengajarkan untuk tidak meremehkan kemampuan yang lain. 

Jangan karena merasa diri memiliki kelebihan dan menjadikan diri sombong juga menganggap lemah yang lain. Dalam suatu pertandingan tak pernah ada yang pasti. Bisa saja orang yang dianggap lemah justru dapat lebih unggul dan menang. 

Kesombongan dan merasa diri lebih hebat menjadikan kelinci lupa diri serta membuatnya kalah. Anak bisa belajar mencontoh kura-kura yang rendah hati juga percaya diri. 

Cerita membuktikan bahwa kesombongan justru akan membawa petaka pada diri sendiri. 

Baca Juga:
Mainan Zaman Dulu ini Ternyata Banyak Manfaatnya untuk si Kecil

Si Kancil dan Siput
(Jangan Menjadi Pribadi Yang Sombong Dan Merasa Paling Pintar Sendiri) 

Cerita Pendek Anak

Satu lagi cerita anak berjenis fabel yang mengajarkan serta memberi contoh untuk sebuah sikap baik. Melalui cerita kancil dan siput yang memberikan contoh untuk tidak sombong. Jangan pernah merasa diri paling pintar karena,  masih banyak yang lebih dari kita. 

Kancil yang terkenal pintar dan banyak akal,  harus mengakui ada yang lebih darinya. Ada banyak yang lebih dari kancil tapi tak sombong dan berdiam diri saja, itu akan lebih baik.

Anda dapat mengajarkan contoh sikap buruk dan baik melalui kedua tokoh cerita pendek anak tersebut. 

Si Monyet dan Si Kura-kura
(Jangan Menyakiti Hati dan Perasaan Sahabatmu) 


Mengajarkan bagaimana bersikap kepada teman bisa juga melalui tokoh pada cerita  monyet dan kura-kura. Anda bisa memberikan contoh sikap yang harus dihindari seperti yang dimiliki oleh monyet. Sikap yang membuat sakit hati serta perasaan seorang teman yang sudah begitu baik padanya. 

Anda pun bisa memberikan contoh sikap baik saat bersikap kepada teman, seperti yang dimiliki oleh kura-kura. Selalu baik pada siapa pun terutama pada teman,  meskipun telah berbuat jahat padanya. Pada akhirnya yang memiliki niat buruk,  pasti akan menerima akibatnya. 

Pulau Kakak-Beradik
(Kalau Ingin Menjadi Hebat,  Sayangilah Orang Tua Sewaktu Masih Hidup)

Pelajaran berikut yang bisa Anda ajarkan adalah bagaimana bersikap pada orang tua. Melalui cerita pulau adik kakak,  anak akan dapat mengambil hikmah atau inti cerita anak tersebut. Belajar menghormati, menyayangi kedua orang tua selagi masih ada,  barulah anak hebat. 

Sekarang ini banyak anak yang terpengaruh dengan budaya luar yang jauh berbeda pengajarannya. Melalui cerita pendek anak pulau kakak beradik,  anak akan bisa memahami cara menjadi orang hebat dengan menghormati dan menyayangi orang tua,  agar tak menyesal nantinya. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *