Kartun Anak Sekolah untuk Mempercepat Perkembangan Sikecil

Kartun anak sekarang ini sudah sangat banyak dan semakin variatif saja. Bahkan, karena banyaknya variasi film kartun, terkadang orang tua tidak bisa mengontrol film kartun apa saja yang dilihat oleh anak. Meskipun begitu, ada bagusnya juga film kartun, terutama kartun anak sekolah semakin banyak variasi dan inovasinya. Dengan begitu dapat memperkaya dan mempercepat perkembangan anak.

Kartun Anak Sekolah
Film Kartun Anak: BIG HERO

Memberikan si Kecil Pengetahuan Baru

Di sekolah dan di rumah, belajar sudah menjadi aktivitas sehari-hari anak Anda. Kegiatan belajar bermanfaat bagi perkembangan kognitif dan sosial anak Anda. 

Agar si kecil tidak mudah bosan saat belajar, topik yang diberikan haruslah menarik. Misal, dengan memberikan berbagai metode dan pengetahuan baru. Salah satunya yaitu pembelajaran melalui film animasi atau kartun. Animasi dapat membantu si kecil memvisualisasikan pelajaran, sehingga lebih mudah untuk mencerna.

Baca Juga:
Kumpulan Cerita Pendek Anak dan Pesan Moral Dibaliknya

 

Imajinasi Anak Terasah Dengan Tokoh dan Latar Fiktif

Karakter dan latar cerita dalam film kartun biasanya fiksi dan tidak nyata. Ini membuat imajinasi anak Anda tereksplore dengan baik. Tontonan melatih fantasi anak dan menghilangkan keterbatasan yang mungkin masih dimiliki oleh anak. Jika anak terbiasa berpikir bebas dan memiliki imajinasi, maka kedepannya dia akan tumbuh menjadi anak yang kreatif.

Yang diperlukan oleh anak adalah pendampingan sang ibu untuk membantu rasa penasaran si kecil saat menonton. Sampaikan informasi dan perlahan berikan pengertian sampai anak benar-benar mengerti apa yang ingin dia ketahui. Dengan begitu, tumbuh kembang anak Anda bisa terus dipantau dan diarahkan langsung ke titik yang Anda inginkan.

Kartun Anak Sekolah
Serial/Film Kartun Anak: Doraemon

Dampak Menonton Kartun Anak

Dampak negatif kartun pada anak-anak, antara lain adalah sebagai berikut: 

  1. Membiarkan anak berimajinasi berlebihan.
  2. Anak-anak akan menghadapi masalah psikologis.
  3. Membesarkan ide anak dan membuat mereka terbiasa dengan adegan kekerasan.
  4. Bahaya pornografi.
  5. Kecanduan menonton film kartun.
  6. Mengganggu penglihatan anak.
  7. Sikap sosial anak akan melemah.
  8. Performa anak akan menurun.

Dampak positif kartun pada anak-anak, antara lain yaitu:

  1. Hiburan untuk anak-anak.
  2. Merupakan media berkomunikasi dengan anak.
  3. Dapat mempelajari nilai-nilai positif melalui film kartun.
  4. Tingkatkan imajinasi anak.

Tips Memilih Kartun Anak Sekolah yang Tepat

Wah, melihat hal di atas sepertinya lebih banyak dampak negatif daripada positif ya? Namun, ini bukan berarti Anda melarang anak nonton film kartun, lho!

Pilihkan mereka film yang tepat dan atur waktu menontonnya dengan disiplin. Selain itu, dampingi juga mereka ketika menyaksikan film favorit.

Agar dapat memilih film kartu dengan tepat, di bawah ini ada beberapa tips.

  1. Kunjungi Situs Review Film
    Banyak situs film yang ada saat ini memberikan informasi yang lengkap tentang film. IMDB adalah salah satu situs web atau situs web ulasan film terkenal. Kunjungi situsnya dan kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang film animasi yang Anda cari. Umumnya jenis animasi yang cocok untuk anak-anak adalah jenis animasi komedi atau jenis animasi keluarga.Selanjutnya Anda harus membaca ringkasan cerita film tersebut. Rangkuman cerita dapat memberikan gambaran kasar tentang plot atau plot film yang Anda cari.Anda juga dapat memperhatikan grade, semakin tinggi nilainya, semakin baik kualitas filmnya. Jangan lupa untuk membaca bagian komentar dari orang yang menonton komentar atau bagian komentar dari kritikus film.
  2. Lihat Trailernya
    Kunjungi situs YouTube melalui browser, lalu masukkan kata kunci dari film jenis animasi yang Anda cari. Kemudian, berbagai video yang terkait dengan kata kunci tersebut akan muncul. Pilih video yang berisi cuplikan film dan tonton.Cuplikan film yang Anda cari dapat memberi gambaran tentang film yang akan Anda tonton bersama anak Anda. Berbagai adegan dalam trailer dapat membantu Anda menentukan apakah film tersebut cocok untuk anak Anda ataukah tidak.Demikian informasi yang dapat kami share untuk Anda tentang kartun anak sekolah untuk mempercepat perkembangan si Kecil. Mengingat pentingnya perkembangan anak, maka  sebagai orang tua harus pintar-pintar memilih kartun anak yang sesuai. Jika Anda salah memilih, akibat yang akan terjadi kedepannya bisa saja fatal dan menghambat perkembangan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *