Jangan Pernah Mencintai Anak

Jangan Pernah Mencintai Anak –
Halo Bunda dan Ayah..
Apakah Anda sudah merasa mencintai anak anda dengan memberikan segala kebutuhan anak, seperti sekolah terbaik, mainan terbaik, liburan terbaik atau fasilitas terbaik… Namun sang anak kerap menjadi biang masalah dalam keluarga atau disekolah…?

jANGAN PERNAH MENCINTAI ANAK

Apa penyebab anak menjadi pribadi yang bermasalah, walau orang tua sudah mencintai dengan sepenuh hati..

Bisa jadi permasalahan anak anda disebabkan karena ia kurang merasa dicintai oleh orang tuanya.

Baca Juga:
Tamyiz dan Perintah Sholat Bagi Anak – Anak

Penyebab Anak Bermasalah

Menurut Bapak Adi W Gunawan yang berprofesi sebagai seorang terapis. Dalam banyak sesi konsultasinya dengan orang tua yang merasa ada yang salah dengan anaknya.
Ternyata, hal paling mendasar yang ditemukan adalah, banyak orang tua yang sudah merasa mencintai anaknya namun di sisi lain, sang anak malah merasa dia tidak dicintai oleh orang tua.

Mengapa bisa tejadi seperti itu??

Jadi dimanakah sebenarnya gap yang membuat terjadi perbedaan pandangan ini.?

Disatu sisi orang tua sudah yakin sekali mereka sudah mencintai anak mereka, dengan bukti bahwa orang tua sudah memberikan gadget, liburan, menemani anak belajar setiap hari.

Sedangkan disatu sisi sang anak merasa ia tidak dicintai. Jadi sebenarnya yang membuat masalah adalah, ada salah satu bentuk komunikasi  di antara orang tua dan anak, yang mana mereka tidak saling memahami.

Anak yang bermasalah, anak yang motivasinya turun, anak yang nakal, bandel dst. Sebenarnya adalah perilaku yang ditunjukkan oleh seorang anak dengan harapan anak akan mendapat perhatian dan kasih sayang dari orang tua.

Mencas Batrai Kasih Sayang Anak

Ibu perlu mencas baterai kasih sayang ini 100%, dan ayah juga perlu mencas  100%. Bagaimana caranya.

Menurut Pak Adi ada pola 5+1, sebuah cara yang dapat digunakan untuk mengisi/mencas kebutuhan kasih sayang anak:

  1. Dengan memberikan waktu yang berkualitas
  2. Memberikan pujian
  3. Dengan sentuhan fisik
  4. Dengan pelayanan
  5. Dengan pemberian hadiah
  6. Plus 1 lagi dengan tatapan mata (waktu berbicara dengan anak, menatap mata anak)

Anak membutuhkan cara mencintai yang berbeda, anda bisa memantau di kebutuhan mana yang anak butuhkan. Hal ini harus dipantau oleh orang tua. Sehingga kita perlu melakukan hal yang diatas. Dibagian mana yang dia paling senang, maka perbanyak presentase di bagian itu.

Seperti ada anak yang suka di sentuh fisik dari pada dipuji.

Apabila baterai kasih anak sudah penuh, maka ia akan menjadi anak yang puas dengan dirinya.

Jadi, jangan pernah mencintai anak, tapi pastikan anak merasa dicintai.

Kesalahan Dalam Pemberian Kasih Sayang.

Namun, kenapa sering terjadi kesalahan dalam pemberian kasih sayang. Ada seorang ibu yang mengatakan bahwa ia adalah seorang ibu rumah tangga yang sudah menemani anak dari pagi hingga malam, tapi di satu sisi si anak tidak merasa dicintai.

Dari lima cara kita mencas baterai kasih ini. Bila seorang anak masih kecil, dia akan menerima semuanya, contohnya bayi. Seorang bayi pasti akan mendapatkan pujian, pelayanan, pemberian hadiah, dikasih waktu, orang tua akan bicara dengan menatap mata, dengan sentuhan fisik dan bayi mendapatkan semuanya.

Namun semakin bertumbuhnya anak, maka biasanya orang tua akan memperlakukan anak menurut caranya mereka.

Ada orang tua yang cenderung memberikan waktu lebih banyak kepada anak,  ada yang cenderung memberikan hadiah kepada anak, ada yang cenderung memberikan sentuhan fisik kepada anak atau pelayanan kepada anak dan seterusnya.

Tetapi masalahnya,  itu ternyata bukan cara yang tepat bagi si anak untuk membuatnya merasa dicintai.

Sebagai contoh seorang ibu yang sudah memberikan waktunya untuk anak dari pagi sampai malam, sudah memberikan pelayanan  terbaik , masakan anak dan membantu anak belajar. Ternyata yang dibutuhkan anak adalah kata pujian dan sentuhan fisik dari ibunya,dan ini yang tidak didapatkan anak. Akibatnya baterai kasih anak tidak tercas, sehingga anak merasa dirinya tidak dicintai.

Sedangkan dari sudut bapak, bapak yang sibuk kerja  dan hanya memberikan anak berupa hiburan atau gadget, padahal anak membutuhkan  kata pujian dan sentuhan fisik. Selama tidak diberikan maka anak tidak akan merasa dicintai dan baterai kasihnya akan sangat drop.

Dan saat baterai kasih sayang drop atau sedikit maka anak akan berulah.

Apa yang dilakukan sebagai orang tua  yang sepenuh hati mencintai, tetapi anak malah merasa tidak dicintai karena itu tadi.

Gaya antara orang tua mencintai dan gaya antara anak merasa dicintai itu ternyata berbeda. Orang tua perlu mencas batrai kasih seorang anak mengikuti gayanya. Contohnya kalo anda seorang pengguna handphone android dan hanphone iphone, memiliki carger yang berbeda. Apakah bisa carger iphone dipasangkan pada android? Tentu tidak bisa?
Apapun yang mau kita lakukan tidak akan bisa, kenapa, karena colokannya ngak sama atau ngak cocok. Sehingga tidak bisa kita paksakan.

Demikian pula anak, jadi kita perlu tahu dan kita perlu mengamati kebutuhan kasih yang tepat bagi  anak.

Jadi, jangan pernah mencintai anak, tapi pastikan anak merasa dicintai.