Hikmah Pelaksanaan Aqiqah

Anda mungkin akrab dengan tradisi Islam mengorbankan seekor kambing/domba untuk Idul Adha, tetapi pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi dengan Anda, di mana seekor kambing/domba dikorbankan dalam rangka menyambut kelahiran bayi baru. Ia adalah Aqiqah. Apa itu Aqiqah, kenapa harus melaksanakan aqiqah dan apa hikmah pelaksanaan aqiqah. Mari kita lanjut membaca.

Aqiqah, dalam terminologi Islam, didefinisikan sebagai pengorbanan hewan pada saat kelahiran bayi. Aqiqah adalah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada umat umat islam. Kegiatan ini dilakukan oleh orang tua atau wali anak. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya juga biasa melakukan Aqiqah ketika mereka dikaruniai bayi yang baru lahir.

Hikmah Pelaksanaan Aqiqah

Ketika seorang anak lahir, tanggung jawab aqiqah diberikan kepada orang tua/wali. Aqiqah dilakukan sebagai tanda syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, perlindungan dari setan, penghapus dosa dan mencegah bencana, InsyaAllah.

Mengenai tujuan aqiqah, disebutkan dalam hadits Nabi (damai dan berkah Allah besertanya):
“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya.”

Banyak hikmah yang bisa didapat dari melaksanakan aqiqah, seperti :

  1. Ikut melaksanakan sunnah nabi
  2. Melindungi anak dari bahaya
  3. Anak terbebas dari ketergadaian
  4. Sebagai media pemberi tahu bahwa ada kelahiran baru dalam sebuah keluarga.
  5. Untuk menyenangkan hati keluarga, tetangga dan fakir miskin karena dapat makan bersama

Kapan Aqiqah Dilaksanakan

Secara syariat, Aqiqah dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran bayi. Aqiqah juga dapat dilakukan pada hari ke 14 atau hari ke 21 setelah bayi lahir. Meskipun ketentuan hari ke, ini bukan keharusan, ia tetap dapat dilakukan kapan saja setelah kelahiran anak, disesuaikan dengan kemampuan dana yang sudah terkumpul.

Baca Juga: Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Jenis Hewan yang Akan Dikorbankan

Berikut ini adalah hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana ia menasihati  agar Aqiqah menggunakan hewan kambing/domba.

Dikisahkan Ummu Kurz: Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: Dua domba yang mirip satu sama lain harus dikorbankan untuk anak laki-laki dan satu untuk anak perempuan. (Sunan Abu Dawud Buku 15, No. 2830)

Jadi sesuai dari hadis, jumlah hewan qurban pun juga dibedakan berdasar jenis kelamin si bayi. Satu ekor kambing/ domba bila bayinya perempuan, dan dua ekor kambing/ domba bila bayinya laki-laki.

Kondisi hewan untuk Aqiqah juga menjadi point utama. Sama seperti  kondisi hewan Qurban pada Idul Adha. Hewan yang akan disembelih untuk Aqiqah bisa menggunakan kambing atau domba. Untuk kambing, pilihlah yang usianya lebih dari 1 tahun dan domba berusia lebih dari 6 bulan. Jadi jangan pilih kambing yang terlalu muda ya. Hewan qurban ini  juga harus bebas dari segala bentuk kecacatan seperti buta, sakit, pincang atau kurang gizi. Hewan harus disembelih dengan cara yang manusiawi. Disarankan juga untuk menggunakan hewan jantan, karena dagingnya lebih padat.

Aqiqah Wajib atau Sunnah

Aqiqah adalah sebuah syariat yang hukumnya berkisar antara wajib dan sunnah. Namun mayoritas para ulama berpendapat, bahwa aqiqah adalah hukumnya sunnah. Dan bagi orang yang mempunyai kelebihan rezeki dari ALLAH, sudah sepantasnya tidak melupakan syariat ini.

Walaupun kepala keluarga (yang membiaya aqiqah) dalam keadaan ekonomi sulit dan hanya mampu mengaqiah satu kambing untuk bayi laki-laki, maka tetap laksanakanlah aqiqah. Dalam kitan sunan, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, pernah mengaqiqahi cucunya Hasan dan Husain masing-masing dengan satu ekor kambing.

Imam Ahmad –rahimahullah- pernah berkata,

إذَا لَمْ يَكُنْ عِنْدَهُ مَا يَعُقُّ ، فَاسْتَقْرَضَ ، رَجَوْت أَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ عَلَيْهِ ، إحْيَاءَ سُنَّةٍ .

“Jika seseorang tidak memiliki kemampuan untuk mengaqiqahi (buah hatinya), maka hendaklah ia mencari utangan.  Aku berharap ia mendapatkan ganti di sisi Allah karena ia berarti telah menghidupkan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *