Doa Menyembelih Kambing Aqiqah yang Sesuai Syariat!

Doa Menyembelih Kambing Aqiqah yang Sesuai Syariat! : Pada saat melakukan aqiqah maka harus sesuai dengan syariat yang ada, mulai dari tata cara hingga doa yang harus dipersiapkan. Ada beberapa proses pula yang harus diperhatikan, seperti bagaimana kriteria kambing yang akan disembelih, bagaimana niat sebelum menyembelih kambing, dan juga doa yang dibaca saat menyembelih kambing. Lalu apakah doa menyembelih kambing aqiqah sama dengan qurban? 

Kriteria Kambing yang akan Disembelih

Bagaimana memahami kriteria kambing yang diperbolehkan disembelih? Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika akan menyembelih kambing. Adapun kriterianya sebagai berikut:

  1. Kambing telah mempunyai umur yang cukup untuk disembelih, yaitu sekitar 1 tahun umurnya. Hal ini berlaku untuk kambing jantan atau betina.
  2. Kambing dalam keadaan sehat dan tidak cacat saat akan disembelih. Tidak cacat artinya kambing dalam kondisi tidak pincang, tidak buta, atau tidak terlalu kurus. Dalam hal ini kondisi kambing secara fisik harus prima.
  3. Kambing yang setelah disembelih sebelum dibagikan harus dimasak terlebih dahulu. Hal ini merupakan kewajiban dan tata cara yang dianjurkan dalam pembagian hewan kurban.
  4. Jumlah kambing yang akan diaqiqah ini menyesuaikan dengan jumlah anak juga jenis kelamin anak yang akan diaqiqah. Untuk anak laki-laki maka jumlah kambingnya dua, sementara untuk anak perempuan jumlah kambingnya satu.

Itulah beberapa kriteria dari kambing yang harus diperhatikan ketika akan melaksanakan aqiqah bagi anak. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah ketika memilih kambing yang akan dijadikan untuk aqiqah. Maka pilihlah yang paling terbaik dan berkualitas agar kambing tersebut layak dan menjadi kambing terbaik untuk proses aqiqah.

Baca Juga: Hukum Walimatul Aqiqah Dalam Islam

Niat Sebelum Menyembelih Kambing

Setelah mempersiapkan kambing yang akan diaqiqah maka lakukan niat sebelum menyembelih kambing. Adapun niat ini harus dibaca dan diperhatikan dengan baik agar prosesnya sesuai dengan syariat. Niat dalam menyembelih kambing ini juga merupakan jalan dan cara untuk memperlancar proses aqiqah yang akan dilaksanakan.

Niat tersebut juga merupakan unsur wajib yang harus dilakukan ketika akan menyembelih kambing untuk aqiqah. Di mana niat ini berhubungan dengan maksud dan tujuan aqiqah serta siapa nama anak yang akan di aqiqah.

Niat dapat dilakukan di dalam hati dengan bahasa masing-masing.

Doa yang Dibaca Saat Menyembelih

Adapun doa yang dibaca saat akan menyembelih yaitu dengan mengawalinya berniat untuk aqiqah. Dimana dalam niat aqiqah tersebut akan disebutkan nama anak secara jelas untuk berlangsungnya proses penyembelihan hewan aqiqah.

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ

“Bismillâhi wallâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(sebutkan nama bayi).”
Artinya:
Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (sebutkan nama bayi).

Apakah Doa Menyembelih Kambing Aqiqah Sama Dengan Kurban?

Untuk doa menyembelih kambing aqiqah berbeda saat akan menyembelih qurban. Di mana doa untuk penyembelihan aqiqah diniatkan nama bayi yang akan diaqiqah. Sementara itu pada saat kurban, doa yang dilafalkan tidak menyebutkan nama orang yang telah memberikan hewan qurban tersebut.

Itulah sedikit perbedaan penyembelihan hewan aqiqah dan kurban, dilihat dari segi niat menyembelih dan pembagiannya. Hal ini penting diperhatikan agar proses aqiqah sesuai syariat dan sah. Harapannya, anak yang dilahirkan kelak akan sesuai harapan orang tua: qurrota ‘ayun dan shalih atau shalihah dengan segala kebaikan di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *