Doa Aqiqah Shahih Untuk Anak Perempuan dan Laki-Laki 

Doa Aqiqah Shahih Untuk Anak Perempuan dan Laki-Laki : Mendapatkan momongan atau buah hati memang membuat pasangan suami istri merasa memiliki keluarga yang utuh. Anak yang dimiliki tidak memandang dari jenis kelamin baik itu perempuan atau laki-laki. Namun dalam agama Islam, apabila seseorang baru melahirkan tentu anak tersebut sunnah untuk di aqiqah berdasarkan tata cara Islam.

Memang, melakukan aqiqah pada anak sangat diwajibkan di hari ke-7 atau satu minggu setelah anak tersebut lahir. Akan tetapi, aqiqah bisa dilakukan lebih dari 7 hari apabila orang tua anak belum memiliki rezeki yang cukup. Dimana orang tua bisa mengaqiqah anak di hari ke 14, 21, 28, dan seterusnya. Namun yang paling penting adalah anak tersebut di aqiqah.

Baca juga : Aqiqah Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Doa Aqiqah Shahih Anak 

Tata cara aturan untuk aqiqah anak perempuan dan anak laki-laki memang sedikit berbeda. Perbedaan terletak pada jumlah kambing yang disembelih saat aqiqah. Meskipun berbeda, namun tata cara tersebut tentu berdasarkan dengan sunnah. 

Doa aqiqah shahih yang dilantunkan saat melakukan aqiqah tidak berbeda antara anak laki-laki dan perempuan. Di mana doa yang dilanturkan ini dapat terkabulkan dan berdampak baik untuk bayi. Pada umumnya, isi dari doa tersebut seperti mendoakan bayi untuk selalu mendapat perlindungan. Selain itu, mendoakan bayi agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh sang pencipta. 

Berikut adalah doa yang dilantunkan untuk bayi perempuan dan laki-laki:

Doa Aqiqah

 

Bacaan Doa Mencukur Rambut Saat Aqiqah

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kegiatan aqiqah bayi yang baru lahir dalam Islam sunnah muakkad dilakukan. Mengapa demikian, agar bayi yang baru lahir tersebut mendapat ridha dari Allah Subhanahu Wata’ala. Di dalam proses aqiqah ada beberapa hal yang dilakukan seperti mencukur rambut bayi.

Pada saat mencukur rambut bayi tentu dibutuhkan sebuah doa yang dilafalkan oleh seseorang yang terlibat dalam mencukur rambut bayi. Di mana doa yang dilafalkan tersebut bertujuan agar sang bayi bisa di ridhai Sang Pencipta. Berikut adalah doa mencukur rambut bayi saat aqiqah berdasarkan hadist shahih riwayat Bukhari:

Doa Aqiqah

Ayat tentang perintah untuk melakukan aqiqah memang sangat banyak di dalam kitab suci Al Quran. Di mana ayat tersebut dapat dilihat pada Surah Luqman ayat 13-19 dan juga surah Al-Isra ayat 24-27 yang berkaitan dengan aqiqah. Hal ini lah yang menjadi landasan umat Islam melakukan aqiqah.

Selain melihat dari ayat yang ada di dalam Al Quran, dapat pula di lihat dari hadits. 

Hadits tentang aqiqah dapat dilihat dari hadits sahih riwayat Bukhari maupun riwayat Ahmad. Salah satunya adalah hadist sahih riwayat Bukhari yang menjelaskan tentang aqiqah dan ayatnya dapat dilihat sebagai berikut:

 

Doa Aqiqah

Kesimpulan Aqiqah Sesuai Sunnah

Tata cara aqiqah yang dilakukan masyarakat utamanya umat Islam memang berdasarkan ayat Al Quran dan assunnah. 

Banyak ayat yang menjelaskan tentang aqiqah yang dilakukan untuk bayi yang baru lahir. Mulai dari waktu terbaik untuk aqiqah dan jumlah kambing yang akan disembelih.

Jumlah kambing yang akan disembelih antara anak perempuan dan laki-laki berbeda. Anak laki-laki membutuhkan dua ekor kambing sedangkan anak perempuan cukup satu ekor kambing saja. 

Pada hari pelaksaanaan aqiqah juga bayi akan diberi nama oleh kedua orang tuanya maupun dari keluarga lain.

Itulah beberapa paparan mengenai aqiqah untuk anak perempuan dan anak laki-laki. Di mana ada beberapa doa yang dilafalkan untuk mendoakan bayi tersebut agar selalu terlindungi dan sehat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *