Doa Aqiqah Anak Perempuan

Apa sih Doa Aqiqah Anak Perempuan?? Yuk baca ulasannya di sini
Anak laki-laki maupun perempuan mempunyai kedudukan yang sama dalam Islam. Itu sebabnya, kelahiran keduanya diwujudkan dengan syukur. Rasa syukur dan bahagia tersebut haruslah disalurkan dengan sebaik-baiknya yaitu dengan mengingat Allah Subhanahu Wata’ala Sang Pencipta, apalagi sebagai muslim. 

Doa Aqiqah Anak Perempuan

Tanggung jawab orang tua ketika memiliki anak, tidak hanya soal pakaian, kamar, perlengkapan bayi atau mainan saja yang penting. Banyak hal lain yang harus diperhatikan. Pertama ketika baru lahir, aqiqah dilaksanakan sesuai syariah.

Aqiqah merupakan sebuah ibadah menyembelih hewan ternak, yang umumnya kambing, sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran buat yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wata’ala. 

Hukum dari aqiqah ini sendiri adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan sekali untuk segera dilaksanakan terutama bagi yang mampu secara jasmani, materi dan rohani. 

Nah kira-kira, apa saja doa saat aqiqah anak? Bagaimana saat mencukur rambut bayi hingga baiknya menggunakan bahasa apa ? Yuk simak ulasannya sebagai berikut. 

Doa Saat Aqiqah Anak

Adapun ketika melakukan sebuah ibadah aqiqah itu ada doa dan syaratnya lho yang harus dipatuhi dan menjadi satu hal yang wajib diperhatikan. 

Ibadah aqiqah ini dilakukan dengan tujuan untuk mendekatkan diri ke Allah Subhanahu Wata’ala dan menjadi bentuk rasa syukur atas karunia anak  yang diberikan. 

Saat aqiqah banyak doa yang dipanjatkan, mulai dari doa ketika mencukur rambut bayi hingga saat menyembelih hewan aqiqah dan membagikan. Tidak hanya itu saja, ada doa setelah mencukur rambut yang harus dilafalkan sesuai anak dicukur rambutnya. 

Selain itu, seluruh prosesi aqiqah juga umumnya dibarengi dengan pemberian nama pada anak. 

Doa Mencukur Rambut Bayi

Salah satu prosesi pelaksanaan aqiqah adalah mencukur rambut bayi.

Di Indonesia tradisi ini dilaksanakan dengan membawa anak berkeliling kepada semua yang hadir untuk dicukur diiring shalawat. Dalam Islam, tidak disebutkan tradisi tersebut. Yang penting prosesi cukur dimulai dengan doa.

Doa ini mempunyai makna dalam, yaitu keselamatan buah hati. Bayangkan, jika doa dibaca oleh semua yang hadir dalam acara aqiqah! InsyaAllah hidup anak akan lebih berkah.

Berikut lafadz doa sebelum dan sesudah mencukur rambut yang diajarkan Rasulullah.

Doa Aqiqah Pakai Bahasa Arab atau Daerah?

Ketika melakukan ibadah aqiqah tentu saja terkadang muncul pertanyaan bagaimana pembacaan doa-doanya apakah menggunakan bahasa Arab atau lokal. Nah jawabannya adalah memang harus menggunakan atau membaca ayat berbahasa Arab terlebih dahulu apalagi saat walimatul-nya. Setelah itu maka orang tua dan sesepuh boleh menyertakan bahasa daerah sebagai satu pujian atau doa dan harapan agar sang anak atau bayi bisa hidup berbahagia dan aman.

Baca Juga: Doa Menyembelih Kambing Aqiqah yang Sesuai Syariat!

Rekomendasi Paket Aqiqah Tangerang

Proses pelaksanaan aqiqah sesuai syariah cukup menguras tenaga alias ribet. Anda harus memilih, memotong, dan memasak kambing sebelum dibagikan. Apalagi jika ditambahkan dengan acara dan masakan lain. 

Anda yang baru saja melahirkan tentu kerepotan mengurus semuanya sendiri. Apalagi jika sanak keluarga cukup jauh dari rumah dan tidak ada yang membantu.

Tidak perlu khawatir, saat ini banyak jasa yang menyediakan paket aqiqah lengkap. Anda tinggal menunggu hasilnya di rumah dan melaksanakan upacara sesuai kebutuhan dan keinginan.

Dari semua jasa tersebut, Anda harus mencoba paket aqiqah Tangerang. Jasa professional yang membantu Anda menyelenggarakan aqiqah syar’i.

Demikian ulasan menarik mengenai doa aqiqah untuk anak perempuan mulai dari mencukur rambut hingga saat prosesinya. Adapun di atas sudah dibahas juga mengenai rekomendasi paket aqiqah untuk wilayah Tangerang bagi yang membutuhkan jasa kepengurusan ibadah satu ini. Sebuah jasa yang membantu Anda menyelenggarakan aqiqah sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *