Doa Aqiqah Anak Laki-laki

Doa Aqiqah Anak Laki – Laki : Hampir semua orang tua akan sangat berbahagia apalagi saat anak yang dilahirkan ke dunia selamat dan sehat secara fisiknya. Sebelum memiliki dan melahirkan buah hati maka orang tua biasanya cenderung untuk mempersiapkan berbagai hal kebutuhan sang anak secara detail. Mulai dari ruangan tidur mereka, kasur, pakaian, hingga kebutuhan lainnya sangat menjadi perhatian orang tua sebagai bentuk kasih sayang kepada sang buah hati.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada keutamaan dan ibadah lain yang harus menjadi satu hal yang diperhatikan khususnya bagi pasangan muslim yang dikaruniai anak? Apa itu? 

Ibadah yang dimaksud adalah aqiqah atau penyembelihan hewan ternak untuk dibagikan kepada keluarga, kerabat, tetangga, dan fakir miskin sebagai bentuk rasa syukur dan upaya mendekatkan diri ke ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala. 

Nah, kira-kira bagaimana sebenarnya adab aqiqah khususnya untuk anak lelaki? Berikut ini akan di ulas informasinya. Jadi simak sampai habis ya!.

Doa Aqiqah Anak Laki-laki

Adab dalam Berdoa

Berbicara aqiqah tentu saja dalam jalannya prosesi ibadahnya terdapat banyak sekali syarat dan tuntunannya termasuk berbagai doa yang harus dipanjatkan. Adapun sebelum  memulai doa ada adab yang harus menjadi perhatian kaum muslim, berikut ini adalah uraiannya!

  1. Berdoa harus diawali dengan memuji kepada ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala, atas segala nikmat dan karunia yang telah di berikan.
  2. Tidak lupa bershalawat sembari memohon ampun atas dosa kesalahan yang telah diperbuat sengaja atau tidak.
  3. Menghadap kiblat sembari menengadahkan tangan, memohon ampun
  4. Berdoa dengan khusyuk dan bersungguh-sungguh, jangan sampai diiringi dengan candaan
  5. Berdoa dengan perlahan dan jangan terburu-buru
  6. Yakini bahwa doa yang disampaikan akan di kabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala
  7. Jangan sampai berdoa keburukan atas diri orang lain
  8. Mengulangi doa yang telah dipanjatkan

Doa Meminta Anak Shalih

Ketika memiliki anak apalagi laki-laki maka tentu saja sebagai orang tua maka berharap titipan ALLAH tersebut mampu berguna bagi agama dan nusa bangsa.

Orang tua selalu bercita-cita agar anak menjadi orang yang shalih dan taat terhadap agama serta ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala. 

Oleh sebab itu sebagai orang tua dianjurkan memanjatkan doa terbaik untuk meminta anak shalih, seperti menggunakan doa Nabi Ibrahim meminta anak shalih sebagai berikut:

Doa Aqiqah Anak Laki-Laki

Doa Untuk Perlindungan Bayi

Sebagai makhluk kecil yang tidak berbahaya, bayi harus dijaga agar terhindar dari keburukan. Salah satu caranya adalah dengan mendoakan mereka dengan berbagai doa kebaikan kepada ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala. Berikut ini ada beberapa doa untuk meminta perlindungan kepada ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala  terhadap anak yang telah di karuniakan.

Baca Juga: Aqiqah Anak Perempuan Menurut Imam 4 Mahzab

Teks Bacaaan Doa Walimatul Aqiqah

Aqiqah merupakan ibadah yang disunnahkan. Dalam prosesinya ada doa di dalamnya.

Orang tua sebaiknya mengetahui teks bacaan doa walimatul aqiqah yang akan di bacakan saat prosesi tersebut agar acara lebih sempurna. 

Adapun berikut ini ada lafadz serta doa yang bisa dipanjatkan ketika walimatul aqiqah dilaksanakan,sebagai berikut:

Demikianlah sedikit uraian aqiqah, di mana doa merupakan bagian di dalamnya. Doa agar anak kelak menjadi anak sholeh, terhindar dari keburukan, dan selalu berkah dalam hidupnya. 

Aqiqah membuktikan, bahwa ajaran Islam kaya dengan hikmah. Setiap bagiannya tidak hanya sebagai langkah melaksanakan perintah ALLAH. Akan tetapi juga merupakan wujud rasa syukur dan harapan (doa) yang niscaya akan dikabulkan oleh ALLAH. Tidak hanya itu, ibadah seperti aqiqah juga berdampak sosial bagi orang-orang yang berada di sekelilingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *