Cerita Dongeng untuk Perkembangan Emosi dan Otak si Kecil

Cerita dongeng merupakan media untuk bisa memberikan dampak yang baik pada perkembangan emosi serta otak si Kecil. Jika sejak dini sudah sering dibacakan dongeng, maka anak-anak akan terbiasa dengan buku dan cerita. Di sinilah anak mulai mengembangkan kosa kata, mengenal hal yang penting lainnya dalam perkembangan emosi anak. 

cerita dongeng

Cerita Dongeng Membantu Anak untuk Berimajinasi

Dalam cerita dongeng ada bermacam ide dan semuanya sangat membantu anak untuk bisa berimajinasi. Tokoh, isi cerita, hingga gambaran yang bisa direkam otak akan membangkitkan imajinasi anak. Mereka diajak bersenang-senang dan terlibat dalam imajinasi cerita.

Anak akan membayangkan isi cerita yang dibacakan, atau dongeng yang sedang disampaikan. 

Sesekali, bantulah anak menceritakan kembali isi dongeng dengan imajinasinya sendiri.

Membangun Kecerdasan Emosional Anak

Kecerdasan emosional anak dibangun juga melalui cerita dongeng. 

Dalam cerita pasti ada suka, duka, marah, sayang dan sebagainya. Karakter-karakter emosi yang ada pada cerita tersebutlah yang akan memberikan nilai luhur untuk anak. Di mana anak mulai membangun kecerdasan emosionalnya sejak dibacakan cerita. Anak memahami mana emosi negatif dan positif sehingga dapat mengambil untuk dirinya sendiri.

Dalam cerita juga biasanya akan dihadapkan terhadap masalah atau konflik yang ada. Dengan demikian, melalui dongeng itulah anak akan mulai memperluas wawasan dan memperkaya bagaimana mengekspresikan emosinya. 

Baca Juga :
Mainan Anak 1 Tahun yang  Tepat  Sesuai  Perkembangannya

Mendapatkan Nilai-Nilai Kehidupan dan Budi Pekerti

Dengan cerita dongeng, anak-anak mendapatkan nilai-nilai kehidupan serta budi pekerti luhur. Tentunya setiap cerita dongeng punya peran penting dalam memberikan inspirasi kehidupan kepada anak. Bahkan memberikan contoh sikap budi pekerti yang baik dan sesuai.

Dongeng yang baik adalah dongeng yang sajiannya mencakup banyak nilai tentang kehidupan serta budi pekerti. Jadi anak-anak akan bisa memandang kehidupannya tersebut menjadi kehidupan terbaiknya kelak. 

Daftar Cerita Dongeng yang Kaya Akan Pesan Moral

Ada beberapa daftar dari cerita dongeng yang kaya akan pesan moral, dongeng ini pun sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Di mana anak-anak nantinya akan terinspirasi oleh pesan moral yang ada pada dongeng tersebut.

  • Pinokio

Cerita dongeng boneka Pinokio yang diciptakan oleh paman Gepeto ini mengajarkan kejujuran kepada anak, juga keberanian serta kasih sayang yang dilakukan oleh Pinokio. 

Dikisahkan bahwa Pinokio akan semakin panjang hidungnya jika ia tidak berkata jujur. Akibatnya, ia diusir oleh Paman Gepeto. Dalam petualangannya, Pinokio menjadi lebih baik dan berani hingga akhirnya kembali kepada Paman Gepeto dan menjadi manusia.

  • Angsa dan Telur Emas

Kisahnya adalah ketika seorang petani memiliki angsa yang bertelur emas. Setiap hari petani akan mendapatkan telur emas yang berlimpah. Kemudian ia memiliki ide untuk memotong angsa agar mendapatkan telur yang banyak. Namun, yang terjadi ia tidak menemukan apapun. Keserakahannya justru membawa petaka. Angsanya telah tiada.

  • Hansel dan Gretel

Kisah petualangan Hansel dan Gretel ini sangat seru, dimana kedua kakak beradik ini selalu bersama. 

Suatu hari mereka percaya pada seseorang yang ternyata orang tersebut menyakiti mereka. Akhirnya mereka justru semakin jauh dari orang tua. Maka janganlah mudah untuk percaya pada orang lain. Tetaplah berdampingan dengan keluarga.

Dalam cerita ini, dikisahkan keberanian dan kecerdasan Hensel dan Gretel menghadapi segala rintangan untuk kembali kepada keluarga. 

Itulah beberapa rekomendasi cerita yang bisa didongengkan kepada anak. Jadi anak akan mengambil kesimpulan bagaimana pesan moral yang ada pada setiap cerita. Orang tua tinggal membantunya untuk bisa memberikan pemahaman dan ragam cerita dongeng ke anak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *