Cerita Anak,  Manfaat Yang Mencerdaskan Sikecil

Buku Cerita Anak

Anak pada usia pertumbuhan tentunya membutuhkan banyak dukungan untuk perkembangan otak juga kemampuan lainnya. Anda dapat mengajarkan banyak hal termasuk melalui sebuah buku,  tentunya cerita anak yang mendidik. 

Melalui cerita, anak lebih mudah memahami dengan cara mudah. Apalagi jika cerita pada sebuah buku memiliki tokoh anak kecil atau pun hewan. Dengan halaman yang warna-warni dan gambar menarik, anak akan lebih menyukainya. 

Melalui sebuah buku cerita,  ada banyak manfaat yang bisa didapat. Mendidik anak untuk mencintai buku,  melatih berbahasa juga pelajaran budi pekerti atau pun kebiasaan baik. Semua itu bisa didapat si kecil melalui sebuah buku cerita yang mengandung unsur pendidikan. 

Seperti Apa Kriteria Buku Cerita Anak yang Baik? 

Saat ini ada banyak buku cerita yang bisa Anda temukan di toko buku atau pun E-book. Beragam cerita untuk usia anak mulai dari balita hingga usia sekolah bisa dengan mudah ditemukan. Namun, tak semua genre atau kriteria buku baik untuk perkembangan anak. 

Buku yang memiliki unsur edukasi seperti buku bergambar yang memberi pelajaran mengenai kebiasaan baik. Mengajari cara berperilaku terhadap teman atau pun benda-benda yang ada di sekitar, akan baik untuk dimiliki. Anda bisa juga mengajari huruf atau pun angka melalui buku yang penuh warna, sehingga anak lebih tertarik. Bahkan Anda bisa juga melatih motorik anak melalui buku mewarnai atau pun menggunting bentuk.

Meskipun ada begitu banyak jenis atau kriteria buku saat ini,  tapi Anda harus pintar-pintar memilih. 

Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa Anak

Melalui buku ada banyak hal yang bisa membantu perkembangan serta pertumbuhan anak. Bukan hanya membantu perkembangan otak,  kemampuan berbahasa pun akan ikut berkembang.  

Dalam buku terutama cerita anak yang sesuai dengan umurnya, akan banyak ditemui kosa kata baru, gambar, dan cara mengekspresikannya.

Bahasa yang baik untuk digunakan sehari-hari, menyapa teman, yang lebih tua dan lebih muda. Anak saat usia pertumbuhan membutuhkan banyak contoh yang mudah dipahami. Melalui buku cerita yang tepat, mengajar berbahasa pada anak akan jauh lebih mudah.

 

Baca Juga:
Mainan Anak : Manfaatnya untuk Perkembangan Otak  

 

Buku Cerita Anak Menggiring Anak Mencintai Buku Sejak Dini

Mendidik anak sejak usia dini sangat penting dan bermanfaat hingga ia beranjak besar. Lebih sulit membiasakan sesuatu pada anak jika telah mulai besar terutama dalam hal mencintai buku. Padahal dalam sebuah buku ada banyak ilmu pengetahuan yang tak bisa ditemukan pada media lain. 

Mendidik anak untuk mencintai buku dapat membuatnya lebih unggul dibandingkan anak lainnya. Apalagi saat ini banyak anak yang lebih menyukai bermain gadget dari pada membaca. Padahal lebih banyak manfaat, baik dari membaca buku dari pada bermain gadget. 

Rekomendasi Buku Cerita Anak Terbaik Tahun Ini

Saat ini ada banyak ratusan bahkan mungkin jutaan judul buku cerita untuk anak di toko buku atau pun online. Namun,  tak semua buku tersebut masuk ke dalam kategori buku cerita terbaik.  Kategori tersebut ditetapkan berdasarkan beberapa hal penting didalamnya. 

Buku cerita untuk anak dengan kategori terbaik dinilai karena kandungan atau isi cerita di dalamnya. Mengandung pelajaran yang bermanfaat dengan cara memberi contoh serta mengajak anak untuk melakukannya. Pemilihan tokoh yang mudah dikenal oleh anak serta ada dalam kehidupan sehari-hari. 

Anda dapat memilih buku tentang:

  1. Akhlak hidup sehari-hari: senang menolong, senang ke masjid, adab makan, dan seterusnya.
  2. Tokoh muslim semasa anak-anak: Ali bin Abi Thalib kecil, Imam Syafi’I kecil, kehidupan Rasulullah kecil, dan bagaimana Nabi Ibrahim mencari Tuhan.
  3. Buku dongeng dengan gambar dan bahasa yang bagus

Memilih buku terbaik untuk anak memang tak bisa sembarang karena akan berpengaruh pada perkembangan anak. Cerita anak yang mendidik dan melatih kemampuan sosial perlu untuk dimiliki. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *