Cerita Anak Islami yang Mendidik untuk Si Kecil

Membaca cerita anak islami dan inspiratif dapat membuat si kecil tumbuh lebih berakhlak mulia dan shaleh. Hal ini tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua agar anak dapat tubuh dewasa dengan memiliki nilai-nilai kebaikan yang ada di dalam dirinya. Salah satu cara terbaik untuk membentuk karakter si kecil dengan membiasakan membaca kisah dari para nabi maupun teladan lainnya.

Cerita Anak Islami

Manfaat Membaca Cerita Anak

Membaca tidak hanya meningkatkan kecerdasan si kecil saja, berikut beberapa manfaat membaca cerita anak yang harus Anda ketahui.

  1.       Meningkatkan Kemampuan dalam Berkomunikasi dan Berbahasa
  2.       Mengembangkan Daya Imajinasi si Kecil
  3.       Melatih Kemampuan Memori si Kecil
  4.       Mengenalkan Hal-Hal Baru
  5.       Meningkatkan Minat Baca Si Buah Hati
  6.       Mengeratkan Hubungan Antara Anak dan Ibu

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan si kecil ketika membaca sebuah kisah maupun cerita. Tidak hanya meningkatkan kemampuan intelegensinya. Anda dapat membimbing sekaligus menemani si kecil di usia pertumbuhannya dengan cara menyenangkan. Berikut beberapa rekomendasi kisah inspiratif islami yang bisa Anda jadikan referensi bahan bacaan.

Kisah Serigala yang Beriman Kepada Rasulullah

Dikisahkan pada zaman kenabian Muhammad Shalallahu alaihi wassalam terdapatlah seorang pengembala yang hidup di sebuah daerah dengan bekerja mengembalakan kambing berjumlah ratusan. Setiap pagi pengembala tersebut membawa ratusan hewan tersebut ke padang rumput berdekatan oasis.

Cerita anak islami

Tapi, naas seekor serigala berhasil menerkam satu ekor domba yang lepas dari kerumunan. Pengembala tersebut pun mengejarnya dan menakuti serigala dengan mengayunkan tongkat. Domba yang diterkam serigala memang bertubuh tambun sehingga membuatnya kesulitan, dengan sigap si pengembala menarik paksa domba tersebut.

Kemudian, serigala tersebut berbicara, bahwa domba yang diterkamnya sudah menjadi ketetapan Allah Subhanahu wa ta’ala sebagai rezekinya hari ini dan si pengembala malah merebutnya. Mendengar ucapan serigala, si fulan terkejut karena ada hewan yang bisa berbicara.

Saking herannya, serigala berkata ada yang lebih mengherankan dibandingkan hewan bisa berbicara yakni, ada seorang Nabi dan Rasul utusan Allah Subhanahu wa ta’ala di Madinah diutus untuk sekalian alam. Namun, banyak umatnya yang membangkang dan enggan beriman. Nama Nabi tersebut ialah Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.

Keesokan harinya lelaki tersebut datang untuk mencari dan  menjumpai rasul dan menceritakan semua pengalamannya. Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam pun mengatakan, adanya seekor hewan yang secara terang-terangan menunjukkan keimanan merupakan salah satu tanda akhir zaman.

Baca Juga:
Mainan Anak Laki-laki dan Perempuan, Apa Bedanya? 

Kisah Bayi yang Ditolong oleh Malaikat

Bencana kelaparan melanda di zaman Bani Israil. Bencana tersebut membuat kebutuhan nutrisi bayi semakin berkurang. 

Di antara penduduk di sana, ada seorang perempuan bersama bayinya memiliki sepotong roti yang hanya cukup dikonsumsi pada hari itu. Kemudian, datanglah seorang pengemis yang membuatnya tidak tega sehingga roti yang dipegang tersebut diberikan kepada si pengemis.

Cerita Anak Islam

Untuk mencari nafkah, wanita tersebut beserta bayinya menuju hutan untuk mencari kayu bakar. Dibaringkannya si kecil di atas batu besar. Namun, tanpa disadari datanglah anjing hutan melarikan bayi ke dalam hutan. Melihat kejadian tersebut si wanita segera mengejar, tetapi tidak dapat menjangkau si anjing karena berlari terlalu cepat.

Allah Subhanahu wa ta’ala secara langsung memperintahkan malaikat Jibril untuk menolong perempuan tersebut dengan mengambil kembali bayi yang digigit oleh anjing hutan. Lantaran kebaikan si wanita terhadap sesama. Bayi yang dibawa anjing hutan, selamat dan diserahkan kembali kepadanya melalui perantara malaikat Jibril.

Kisah Seorang Nabi dan Seekor Semut

Salah seorang nabi Allah yang dianggap paling kaya di antara nabi lainnya, Nabi Sulaiman as mendapatkan sebuah ujian dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Ujian tersebut berupa kekeringan lahan yang melanda di seluruh negeri yang dipimpinnya.

Cerita Anak Islami

Salah seorang umatnya datang menemui sang nabi untuk memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk menurunkan hujan agar kegiatan bercocok tanam dapat segera terlaksana. Nabi Sulaiman as memutuskan untuk mengumpulkan umatnya mulai dari jin dan manusia di lapangan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Ketika berada di lapangan, Nabi Sulaiman as melihat semut yang sedang berdoa di atas batu dan memohon diturunkannya hujan untuk mengakhiri kekeringan yang sedang melanda. Lalu, Nabi Sulaiman as berseru kepada umatnya bahwa Allah akan menurunkan hujan di negerinya. Lantaran, Allah mengabulkan doa seekor semut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *