Cara Mendidik Anak Laki-Laki Yang Terbaik

Saat orang tua diberi amanah tentang anak laki-laki maka mereka yang wajib mendidiknya. Lalu bagaimana cara mendidik anak laki-laki yang terbaik menurut islam? Apakah ada kesalahan yang harus dihindari ketika mendidik anak lelaki? Inilah beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika mendidik anak lelaki.

Mendidik Anak Laki-Laki

Cara Mendidik Anak Laki-laki Menurut Islam

Bagaimana cara mendidik anak laki-laki menurut Islam? Ada berbagai hal penting yang bisa diperhatikan orang tua saat mendidik anak laki-lakinya, yaitu:

  • Menanamkan Tauhid Sejak Dini

Pentingnya dalam mendidik anak sejak dini menurut Islam yaitu dengan menanamkan tauhid kepada anak-anak, mengenalkan kepada anak siapa sang pencipta, dan nilai-nilai keillahian. Dengan demikian, anak memahami bahwa kelak semuanya akan bergantung pada Zat Maha Tinggi, Allah Subhanahu wa ta’ala.

  • Mendekatkan Diri dengan Al-Quran

Selanjutnya didik anak untuk bisa mendekatkan diri dengan Al-Quran. 

Belajar mengaji sejak dini akan menjadi lebih baik. Caranya mungkin dengan memanggil guru ngaji, melibatkan anak untuk ikut Taman Pendidikan Quran (TPQ), dan membiasakan tilawah di rumah.

Hal ini sangat berguna untuk anak dalam menambah wawasan dalam belajar Al-Quran. Selain itu, mereka akan memahami dan selalu dekat dengan kitab suci umat Islam tersebut dalam kondisi apapun.

  • Memberi Suri Teladan Yang Baik

Dalam memberikan yang terbaik kepada anak maka harus dimulai dari orang tua. Berikan suri teladan yang baik. Di mana orang tua memberikan contoh terbaik tentang sikap dan perilaku yang terpuji agar anak-anak bisa mencontoh sehari-hari yang orang tua lakukan tersebut.

Baca juga: Psikologi Perkembangan Anak yang Wajib Diketahui

Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Membesarkan Anak Lelaki

Lalu kesalahan apa yang harus dihindari saat membesarkan anak lelaki? 

Orang tua jangan memberikan batasan kepada anak. Jika dibatasi anak lelaki akan merasa terkekang dan dapat memberontak.

Namun, orang tua juga jangan memberikan kebebasan sepenuhnya kepada anak laki-laki. Buatlah beberapa aturan yang dapat disepakati bersama.

Orang tua harus mengetahui kapan waktunya anak diberi sedikit kelonggaran dan waktu memperketatnya.

Jangan terlalu berharap anak akan mirip dan harus seperti orang tuanya. Hal ini harus dihindari, karena memaksakan kehendak kepada anak akan menjadi beban besar buat anak nantinya. 

Kemudian anggapan bahwa perilaku anak yang nakal ini merupakan hal yang wajar sangat tidak disarankan. Justru hal ini akan merusak perilaku dan kepribadian anak sejak dini hingga besar nantinya.

Selanjutnya yaitu sering berbohong hal kecil pada anak. Ini akan memicu anak untuk mengajarkan ketidakjujuran. 

Orang tua juga jangan sampai juga untuk memanjakan anak. Anak yang terbiasa dimanja maka tidak akan mandiri. Justru hidupnya akan semakin ketergantungan kepada orangtuanya hingga dewasa kelak.

Tanamkan Sifat untuk Menghargai Wanita

Kepada anak lelaki maka harus ditanamkan sifat untuk menghargai wanita dengan mengajarkan bagaimana caranya hormat kepada Ibu. 

Beri pemahaman dan ceritakan tentang kisah teladan anak yang berbakti kepada ibunya. Dengan begitu anak akan belajar menghargai wanita pertama dalam hidup, yakni ibunya. 

Seorang anak yang dapat menghargai ibunya akan melakukan hal yang sama kepada orang lain.

Peran Ayah dalam Mendidik Anak Laki-laki

Adapun peran ayah dalam mendidik anak laki-laki sangat penting. Anak laki-laki akan belajar kepemimpinan dari ayahnya. Bagaimana seorang ayah akan memberikan contoh tentang sosok lelaki yang bertanggung jawab dan jadi teladan yang baik. 

Beri anak pula pemahaman yang baik tentang agamanya dan tentang kehidupan serta peran laki-laki dalam keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *