Bolehkah Aqiqah dengan Sapi? Berikut Pandangan Ulama

Bolehkah Aqiqah dengan Sapi? Berikut Pandangan Ulama – Ingin melaksanakan aqiqah tapi belum tahu persyaratannya?  Hukum aqiqah sama dengan hukum kurban. Namun yang afdal untuk aqiqah adalah menggunakan kambing karena hewan ini yang terdapat dalam hadisht.

Boleh menggunakan kambing manapun baik jantan atau betina, kalo bisa lebih baik pilihlah kambing yang terbaik yaitu yang jantan dan banyak dagingnya.

 

Aqiqah Dengan Sapi, Bolehkah?

Baca Juga: Hukum Aqiqah Dibiayai Orang lain

 

Ada pertanyaan dari orang yang sulit mendapatkan kambing dan ingin melaksanakan aqiqah. Apakah bisa diganti dengan sapi.??

Aqiqah secara jenis hewannya sama dengan qurban, boleh dengan sapi, kerbau, unta atau kambing.

Bila kita bicara tentang aqiqah, memang awalnya aqiqah itu dengan kambing. Didalam hadis riwayat an nasai Nabi bersabda, “Siapa yang ingin beribadah untuk anaknya, bila anaknya laki menyembelih 2 ekor kambing dan anak perempuan itu 1 ekor kambing”  jadi dari sini, ulama mengatakan bahwa awal dari pelaksanaan aqiqah itu adalah menggunakan hewan kambing.

Nabi pun dulu ketika mengaqiqah untuk Hasan dan Husain, menyembelih seekor kambing  untuk masing-masing anak. Maka kalo kita bicara hewan aqiqah, awalnya adalah hewan kambing. Ini pun sudah disepakati para ulama, walaupun para ulama ada juga yang berbeda pendapat apakah laki-laki harus 2 ekor atau 1 ekor.

Adapun aqiqah mengunakan hewan selain kambing, maka ini pun menjadi perdebatan di antara para ulama. Antara apakah boleh atau tidak boleh?

Ada pendapat mayoritas ulama, sebagaimana disebutkan didalam kitab musyafikiah, apakah hewan yang disembelih untuk kurban juga boleh disembelih untuk aqiqah, yaitu hewan yang berkaki 4 baik onta atau sapi, dan ini sudah disepakati mahzah Hanafi, Syafii, Hambali , dan ke 3 mahzab ini membolehkan untuk beraqiqah selain kambing, seperti sapi, onta dll, yang penting hewan yang sah untuk dijadikan hewan qurban.

Jadi aqiqah dengan selain kambing, itu hukumnya boleh dan diterima. Walaupun ada beberapa pendapat, dari sebagaimana mahzab Malikiyah yang menyebutkan bahwa nabi menyembelih hewan aqiqah dengan kambing, sehingga menurut sebagian Malikiah, aqiqah dengan selain kambing tidak sah, baik itu pakai unta,sapi dan kerbau.

Hanya saja mayoritas ulama mengatakan, menyembelih aqiqah selain kambing itu dibolehkan sebagimana pendapat dari mahzab Hanafi, Syafii, Hambali dan sebagian Malikiah.

Cara Pelaksanaan Aqiqah Sesuai Syar’i

Didalam islam yang terdapat dalam hadisht buhkhori Nabi berkata bahwa “Tumpahkanlah darah untuk bayi (sembelih kambing), dengan anak laki 2 ekor kambing dan anak perempuan 1 ekor kambing”. Ini saja sebenarnya  sudah cukup.
Tidak harus dibuatkan acara. Setelah kambing disembelih di hari ke 7 kelahiran bayi, daging kambing dapat dibagikan ke fakir miskin dan anak yatim.

Dan ada juga ulama yang berkata,  apabila mau mengundang orang, sebagai bentuk syukur lahirnya anak maka di bolehkan untuk membuat acara.

Setelah penyembelihan kambing maka anak dapat diberikan nama terbaik di hari ke 7, lalu membuang sisa tali pusar dan mencukur rambutnya. Setelah rambut dicukur maka ditimbang dengan timbangan perak atau emas, lalu dinilai dalam bentuk uang. Lalu uangnya disedekahkan kepada fakir miskin

Tahnik Sewaktu Aqiqah

Tahknik ini artinya melumatkan kurma kemudian menempelkan ke langit-langit mulut bayi. Yang  melumatkan bisa orang tua atau orang soleh. Seperti kejadian di jaman Nabi, ketika ada kelahiran, warga disana akan mengunjungi rumah nabi untuk meminta nabi mentahnik bayi mereka.
Maka Nabi akan mengunyah kurma sampai halus dan menempelkan sedikit  ke langit2 bayi. Sehingga bayi dapat menghisap saripatinya.

Untuk pelaksanakan taknik sendiri tidak ada ketentuan hari,  yang jelas dianjurkan dari pertama lahir sampai beberapa hari kemudian.  Ada yang mengatakan sampai hari ke 7, karena hari ke 7 sudah masuk hari aqiqahnya, ada yang mengatakan sampai sebulan. Wallahu ‘alam.
Jadi melakukan tahnik ketika aqiqah, maka boleh boleh saja.

Jasa Aqiqah Terdekat

Saat sekarang sudah banyak beredar, jasa aqiqah yang terdekat dari lingkungan rumah kita. Seiring semakin majunya perkembangan teknologi dan internet. Membuat kemudahan dalam mencari jasa aqiqah yang dekat dengan lokasi tinggal kita.
Kemudahan ini juga membuat setiap jasa aqiqah berlomba untuk memberikan kualitas jasa aqiqah yang terbaik, baik dari segi rasa, pelayanan atau harga.

Bagi anda yang tidak mempunyai waktu dan tenaga untuk mengolah daging kambing aqiqah dari awal penyemblihan sampai akhir, menggunakan jasa aqiqah bisa menjadi pilihan. INFO AQIQAH.COM juga merupakan sebuah jasa aqiqah yang bisa anda manfaatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *