Ayat Tentang Aqiqah Ada Nggak ya? Baca Tulisan Ini!

Adakah nggak sih, ayat tentang aqiqah itu? Yuk kita cari tahu disini..
Bagi umat muslim pasti pernah bukan mendengar istilah aqiqah dalam kehidupan sehari-hari? Tentu saja, karena ibadah Sunnah ini memang banyak dijalankan oleh pasangan suami istri yang baru memiliki momongan. 

Aqiqah sendiri biasanya mengisyaratkan untuk melakukan pemotongan hewan sebagai bentuk rasa syukur terhadap kelahiran sang buah hati ke dunia. Hewan yang digunakan dalam aqiqah sendiri adalah hewan yang di perkenankan untuk di sembelih dan berkaki empat seperti sapi, lembu, kerbau atau kambing.

Ayat tentang aqiqah

Nah namun sebenarnya adakah hukum, perintah ayat hingga hadist yang menekankan mengenai aqiqah ini? Tentu kaum muslimin penasaran  bukan. Guna menjawab keresahan dan guna menambahkan keilmuan kita terhadap ibadah aqiqah maka mari simak uraian ini hingga selesai. Apa saja kiranya penjelasan pentingnya aqiqah dalam Al-Qur’an? Berikut ini penjelasannya!

Aqiqah atau Akikah, Mana yang Benar?

Sebelum membahas jauh mengenai ayat Al-Quran yang menekankan mengenai hukum aqiqah maka mari simak terlebih dahulu penjelasan mengenai perbedaan akikah atau aqiqah. 

Tentu pernah bukan mendapati perbedaan penulisan  seperti di atas? Lantas sebenarnya mana yang benar? 

Keduanya ternyata memiliki kesamaan makna yang benar. Pengorbanan hewan sebagai bentuk rasa syukur kepada ALLAH Subhanahu wata’ala, atas kelahiran anak keturunan dalam Bahasa Arab dikenal dengan sebutan akikah dan mengalami transliterasi menjadi kata aqiqah, dan tentu keduanya memiliki permaknaan yang sejalan.

Baca Juga:
Jasa Aqiqah Yang Terjamin Halalnya Tak Selalu Mahal!

Perintah Aqiqah di Al Qur’an Surat & Ayat Berapa

Pada kitab suci Al-Qur’an terdapat penjelasan yang makna maknanya sendiri merujuk pada kebaikan melakukan sunnah aqiqah. Pertama dari surat Al-Isra’ ayat 24 hingga 27 mengenai salah satu manfaat aqiqah yaitu berupa peningkatan silaturahmi serta pentingnya berbagi. 

Adapun di bawah ini ada cuplikan ayat 26 beserta arti dari surat Al-Isra’  yang merujuk pada makna aqiqah. 

وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا  

“Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.”

Hadist Riwayat Siapa yang Bicara Aqiqah

Selain perintah aqiqah jelas tertuang pada kitab suci umat Islam yaitu Al-Qur’an, perintah penyembelihan ini juga tertuang dalam hadist riwayat yang shahih. Di mana hal ini mampu menegaskan bahwasanya meski bersifat sunnah namun tetap saja tidak bisa di sepelekan ibadah dan amalan satu ini. 

Merujuk pada hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Abu Dawud serta Ibnu Majah, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ke tujuh, dicukur (rambutnya), dan diberi nama.” 

Mensyukuri Syariat Aqiqah

Sebagai seorang muslim wajib sekali mensyukuri nikmat syariat aqiqah sebagai bagian dari ibadah sunnah muakkad yang harus dilakukan. Mengapa demikian? 

Pertama, karena aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah yang menjadikan kaum muslimin menjadi lebih dekat kepada ALLAH Subhanahu wata’ala. 

Kedua, menjadi bentuk pembebasan hutang orang tua pada anak, kemudian sebagai bentuk jalinan silaturahmi bagi sesama kaum muslimin saat berbagi hasil aqiqah serta menjauhkan anak-anak dari godaan setan.

Mudah-mudahan Anda yang bertanya mengenai perbedaan aqiqah dan akikah, serta dalil dalam Al Qur’an tentang Aqiqah mendapat cukup informasi dari tulisan ini. 

Tentu saja meski ibadah aqiqah memiliki hukum sunah muakkad, pasangan suami istri muslim yang baru memiliki momongan dan memiliki kemampuan materi serta jasmani yang baik maka sebaiknya tidak meninggalkan ibadah satu ini. Ada banyak sekali manfaat menunaikan ibadah aqiqah, selain sebagai bentuk rasa syukur atas anak yang di karuniakan, juga bisa menjadi bentuk pendekatan diri pada ALLAH Subhanahu wata’ala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *