Aqiqah Terdekat di Daerah Tangerang

Aqiqah bukan hanya sekadar tradisi, tetapi syariat yang disunnahkan dalam Islam. Hal ini dilaksanakan untuk menyambut kelahiran bayi ke dunia. Wujud rasa syukur orang tua. Untuk memudahkan penyelenggaraan aqiqah terdekat di daerah Tangerang akan membantu Anda.

Lembaga penyelenggara aqiqah ini tersedia untuk Anda yang berada di Kota Tangerang dan sekitarnya. Jadi, Anda tidak memesannya terlalu jauh saat membutuhkan. 

 

Mengapa? Jasa ini biasanya melayani pemotongan kambing aqiqah hingga mengolahnya dan siap dimakan. Pemesanan yang terlalu jauh, di mana tidak ada cabang lembaga di sana akan membuat olahan kambing aqiqah tidak bagus saat dibagikan. Sementara itu, pengiriman juga mungkin tidak tepat waktu dengan berbagai alasan dan kendala.

Apa Saja Syarat Aqiqah?

Di atas telah disebutkan, bahwa aqiqah merupakan sunnah atau sesuatu yang disyariatkan dalam Islam. Oleh karena itu, sebagaimana ibadah lain penyelenggaraannya harus sesuai syarat tertentu agar sah.

Syarat pertama aqiqah adalah waktunya. 

 “Anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.” (HR Ahmad).

Berdasarkan hadist di atas, sebagian besar ulama meyakini, orang tua yang mampu secara materi dan fisik sebaiknya melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh. Jika tidak, dapat juga dilaksanakan pada hari ke-14 dan 21. 

Syarat kedua adalah hewan aqiqah.

“Dari ‘Aisyah RA, ia berkata: Rasulullah bersabda: “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing“. [HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah]

Hadist di atas menyebutkan, untuk anak laki-laki wajib orang tua harus menyediakan dua ekor kambing dan anak perempuan satu kambing.

Adapun syarat kambing yang disembelih adalah sehat, cukup umur, dan tidak cacat. Sementara syarat pemotongannya sama dengan cara menyembelih hewan kurban. Setelah itu, kambing diolah atau dimasak baru dibagikan kepada keluarga, kerabat, tetangga, dan orang-orang yang membutuhkan.

Baca Juga:
37 Ucapan Aqiqah Anak Perempuan Pilihan

 

Bolehkah Jika Kambing Aqiqah Diganti dengan Domba?

Sebagian besar ulama membolehkan aqiqah menggunakan selain kambing, sama halnya dengan hewan untuk kurban. 

Meski demikian, untuk domba, ulama membolehkannya. Mengapa? Domba dikelompokkan sebagai hewan kambing yang berbulu tebal.

“Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memilih ketika aqiqah kedua cucunya memilih yang paling sempurna, yaitu domba jantan, dan ini bukan pengkhususan, maka boleh dalam aqiqah menyembelih kambing betina meskipun dari jenis, sebagaimana hal ini ditunjukkan oleh kemutlakan lafadz dalam hadist-hadist yang lain.” (Tharhu At-Tatsrib, Al-‘Iraqy 5/208)”

Sertifikat Aqqiah Menurut Para Ulama

Dalam syarat dan ketentuan aqiqah yang disunnahkan Rasulullah tidak tertera sertifikat. Itu artinya ini tidak diwajibkan.

Namun, kini beberapa lembaga membuatkan sertifikat bagi setiap anak yang diselenggarakan aqiqahnya. Hal ini dinilai boleh saja dan tujuannya tidak ada hubungannya dengan ibadah itu sendiri.

Sertifikat hanya merupakan penanda atau pengingat, bahwa Ananda telah diaqiqahnya saat masih bayi. Selain itu, ini juga merupakan kenang-kenangan yang dibagikan orang tua kepada anaknya.

Daftar Rekomendasi Aqiqah Terdekat

Tangerang merupakan nama sebuah kota dan kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Banten. DI sekelilingnya, berada dekat dengan kota Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor. Semua merupakan kota penyangga Jakarta sebagai ibu kota negara saat ini.

Kota Tangerang merupakan kota yang lengkap. Semua jasa dan produk tersedia di sini, termasuk jasa penyelenggara aqiqah terdekat.

Jika Anda ingin melihat rekomendasi aqiqah terdekat, ketik saja di mesin pencarian Google “aqiqah Tangerang”, akan ditemukan banyak lembaga. Namun, jika menginginkan yang terbaik, Rumah Aqiqah tempatnya. Kami menyediakan penyelenggaraan aqiqah sesuai syariah, dengan pengolahan daging kambing yang lezat, dan pelayanan terbaik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *