Aqiqah Tangerang Murah dan Bisa Pilih Kambing Sendiri
Aqiqah Tangerang, Paket Aqiqah, Aqiqah Terdekat, Rumah Aqiqah
Sumber: pexels-jeswin-thomas

Aqiqah Tangerang Murah dan Bisa Pilih Kambing Sendiri. Penyelenggaraan aqiqah yang disyariatkan pada dasarnya hanya menyembelih kambing, memasaknya, membagikan, mencukur rambut, dan memberi nama untuk bayi. Namun, tradisi di Indonesia mengisyaratkan pelaksanaan dengan upacara tertentu. Di sini keberadaan aqiqah Tangerang sangat membantu. Membantu, karena bagi masyarakat perkotaan khususnya, sulit untuk mencari dan menyembelih kambing yang pas. Selain itu, pelaksanaan kegiatan tambahan seperti pengajian, memanggil penceramah, dan sebagainya tentu membutuhkan tenaga ekstra. Jasa Aqiqah Tangerang membantu Anda dalam urusan menyembelih kambing dan menyediakan hidangan saat acara.

Kapan Orang Tua Harus Menunaikan Aqiqah?

Aqiqah dalam bahasa Indonesia ditulis dengan akikah, merupakan kegiatan penyembelihan kambing atau domba sebagai pernyataan syukur orang tua atas kelahiran anaknya, dua ekor untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan. Lazimnya dilaksanakan pada hari ketujuh.

Hal di atas tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tentu saja karena aqiqah disyariatkan dalam Islam, aturannya harus sesuai dengan Al Quran dan Sunnah bukan sekadar definisi di atas.

Rasulullah bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari ra. “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuh disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur petunjuk.”

Mengacu kepada hadist di atas, aqiqah dianjurkan dilaksanakan pada hari ke-7. Para ulama kebanyakan berpendapat, jika berhalangan pelaksanaannya dapat dilakukan pada hari ke-14 atau ke-21 kelahiran bayi. 

Aqiqah sunnah muakkad dan tidak diwajibkan apalagi memberatkan karena Islam tidak mengajarkan demikian. Apabila kemampuan orang tua tidak memungkinkan untuk melaksanakannya, tidak ada keharusan menyelenggarakan aqiqah saat dewasa.

Bagaimana Ketentuan Kambing Untuk Aqiqah?

Aqiqah Jakarta Pusat, Aqiqah Tangerang

Ada beberapa ketentuan hewan kambing untuk aqiqah yang harus diperhatikan orang tua dan penyelenggara jasa ini.

Jumlah Kambing. “Dari Aisyah ra, Rasulullan bersabda, ‘Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia memasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”. (HR al-Bayhaqi) Berdasarkan hal di atas, jumlah kambing atau hewan aqiqah yang akan disembelih adalah dua untuk anak laki-laki dan satu untuk anak perempuan.

Kondisi Kambing Aqiqah. Kondisi atau syarat kambing aqiqah sama dengan hewan kurban. Kambing minimal berusia satu tahun, tidak sedang sakit, dan tidak cacat. Hewan yang sakit dikhawatirkan menularkan penyakitnya kepada manusia.

Kambing Dimasak. Hal ini sudah jelas pada hadist sebelumnya. Kambing hendaknya dimasak tanpa mematahkan tulangnya baru dibagikan kepada keluarga dan kerabat, fakir miskin, dan tetangga.

Baca Juga:
Aqiqah Bekasi Istimewa dan Terpercaya di Tahun Ini!

Layanan Aqiqah Tangerang dengan Kambing Terbaik di Sini!

Aqiqah Jambi, Paket Aqiqah, Aqiqah Tangerang
Foto oleh Lisa dari Pexels

Layanan aqiqah Tangerang yang terbaik adalah yang dapat melaksanakan prosesi aqiqah sesuai syariat Islam.

  1. Memahami Ketentuan Kambing untuk Aqiqah
    Jasa aqiqah harusnya memahami ketentuan kambing yang akan disembelih seperti dikemukakan di atas.
    Akan lebih baik jika konsumen dapat memilih sendiri hewan yang akan disembelih untuk anaknya. Ini bisa dilakukan dengan cara memberikan gambar yang disertai harga.
  2. Memahami Prosesi Aqiqah
    Aqiqah adalah doa. Meski penyembelihan tidak dilakukan di depan keluarga yang meminta jasa, doa aqiqah tetap harus dipanjatkan saat menyembelih dan memotong kambing.
    Sebagai konsumen, Anda harus memastikan prosesi ini kepada pihak ketiga yang dipercaya.
  3. Memasak dengan Halal dan Higinis
    Tidak seperti kambing kurban, untuk aqiqah haruslah dimasak atau diolah.

Jasa Aqiqah Tangerang akan memasak dengan cara halal pula. Bumbu yang digunakan dipastikan juga memenuhi syarat tersebut. Selain itu, cara memasak dan alat-alat harus terjaga kebersihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *