Aqiqah Sragen dengan Kualitas Premium

Aqiqah Sragen dengan Kualitas Premium. Bagi umat islam, Aqiqah merupakan salah satu kegiatan penting dalam prosesi kelahiran seorang anak baik laki-laki maupun perempuan. Bagi Anda yang ingin melakukan aqiqah dengan kualitas hidangan terbaik dengan cara memasak secara halal dan syar’i. Pilihan jasa aqiqah Sragen bisa menjadi pilihan terbaik untuk dipilih.

Aqiqah Sragen
Foto oleh Pami Avilés dari Pexels

Kewajiban Orang Tua atas Anak

Sebenarnya, kewajiban orang tua atas anak dalam prosesi aqiqah memiliki banyak tujuan dan manfaat selain menjalankan syariat islam. Maka dari itu, pilihan aqiqah Sragen bisa menjadi pertimbangan untuk memberikan kualitas hidangan terbaik untuk acara aqiqah anak Anda.

Menurut Syekh Abdullah Nashih Ulwan di dalam sebuah Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Beberapa hikmah dari aqiqah itu sendiri meliputi:

  1. Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam
    Sudah menjadi rahasia umum Aqiqah merupakan salah satu syariat Islam berupa sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Sunnah tersebut merupakan bagian dari tata cara meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.
  2. Melindungi Buah Hati dari Perbuatan Setan
    Selain menghidupkan sunnah yang sudah diajarkan sejak Nabi Ibrahim AS dan diperkuat dengan pengajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. Ternyata unsur aqiqah juga dianggap sebagai bentuk perlindungan kepada anak terhadap perbuatan setan yang mengganggu.
    Hal tersebut dimaksudkan oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam sebuah perkataan yang intinya terlepas dia (sang anak) dari setan, tergadai oleh aqiqahnya.
  3. Aqiqah Sebagai Tebusan Bagi Anak untuk Pemberian Syafaat Bagi Kedua Orang Tuanya
    Berdasarkan periwayatan dari Imam Ahmad mengungkapkan bahwa aqiqah dapat memberikan manfaat bagi kedua orang tua si anak kelak di hari akhir. Maka dari itu, banyak kaum muslim melakukan prosesi aqiqah untuk si anak bersesuaian dengan sunnah yang telah diajarkan.
  4. Mendekatkan Diri Kepada Allah Subhanahu wa ta’ala
    Adanya aqiqah bisa menunjukkan rasa syukur seseorang terhadap kehadiran si kecil sekaligus sebagai sarana untuk mendekatkan dirinya terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala.
  5. Aqiqah dapat Meningkatkan Ukhuwah atau Tali Persaudaraan
    Adanya agenda aqiqah dapat meningkatkan tali silaturahim antar saudara maupun rasa persaudaraan di kalangan masyarakat. Selain itu, aqiqah juga sebagai perwujudan adanya prinsip keadilan sosial dan menghapuskan kesenjangan. Hal itu ditujukan dengan pengiriman daging kepada fakir miskin.

Hukum Aqiqah

Berdasarkan hukum Aqiqah dan tata aturan yang ditetapkan oleh para ulama mahsyur, waktu aqiqah dapat dikerjakan pada hari ke-7, ke-14 maupun ke-21 setelah sang anak terlahir. Umumnya, anak-anak laki-laki akan dilakukan aqiqah dengan wajib potong kambing sebanyak dua ekor, sedangkan anak perempuan potong wajib satu ekor kambing saja. Bagi Anda yang bingung mencari aqiqah terbaik maka pilihan terbaik adalah Aqiqah Sragen.

Sebenarnya, pelaksanaan aqiqah yang diajarkan oleh Rasulullah terdapat dua kondisi yakni, sunnah dan wajib. Pembagian tersebut didasarkan atas dalil-dalil maupun tafsir yang sudah ditentukan oleh para ulama sebagai berikut:

  1. Sunnah
    Hukum mengadakan aqiqah merupakan sunnah muakkad. Maksudnya sunnah yang harus dikerjakan atau utama. Seorang muslim yang dianggap mampu dalam hal harta dapat segera melakukan aqiqah bagi sang anak. Sebaliknya, bagi orang yang tidak mampu melaksanakan aqiqah dapat ditiadakan terutama bagi kaum fakir miskin.
  2. Wajib
    Berdasarkan periwayatan hadits dari Ahmad, seorang anak wajib aqiqah. Hal itu menyebabkan hukum aqiqah bersifat wajib. Lantaran sang anak nantinya dapat memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya. Namun, pendapat ini mendapatkan banyak penolakan dari para ulama dan kalah dengan pendapat yang menganggap aqiqah adalah sunnah.

Aqiqah Sragen Syar’I dan Halal

Upacara aqiqah sudah menjadi salah satu agenda penting bentuk kewajiban orang tua atas anak yang dilakukan dengan proses menyembelih hewan ternak seperti kambing. Nantinya, daging hewan tersebut dibagikan kepada keluarga maupun tetangga. 

Nah, bagi Anda yang menginginkan hidangan aqiqah berkualitas dan terjamin. Pilihan terbaik untuk acara aqiqah Anda adalah aqiqah Sragen yang halal dan syar’i di sini. Kami merupakan jasa aqiqah yang berpengalaman, sehingga dapat tahu kebutuhan Anda dan menyediakannya. Jadi, tidak perlu menunggu dan berpikir lama, segera hubungi kami di nomor yang tertera untuk aqiqah ananda, cucu, atau kerabat tercinta.

Aqiqah Sragen
Foto oleh The Craft Wonder dari Pexels

Baca Juga:
Aqiqah Jepara Menu Lezat dan Harga Terjangkau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *