Aqiqah Purwakarta yang Sesuai Syariat Beserta Tata Caranya

Aqiqah Purwakarta yang Sesuai Syariat Beserta Tata Caranya. Anda berdomisili di Purwakarta dan sedang kebingungan mencari jasa penyedia Aqiqah wilayah sana? Tidak perlu khawatir, kini Anda bisa menemukan jasa aqiqah di wilayah Purwakarta dengan mudah. Tidak hanya itu saja, Anda bahkan bisa duduk manis dengan tenang dan tinggal menunggu kambing masaknya datang.

Aqiqah adalah tradisi dan ajaran Islam yang berarti kelahiran seorang anak ke dunia. Sebuah acara aqiqah biasanya cukup selesai dalam sehari dengan rangkaian proses yang harus dilalui anak bersama orang tuanya. 

Prosedur Sunnah Aqiqah berisi syarat-syarat wajib. Salah satunya adalah penyembelihan hewan ternak seperti kambing. Kambing tersebut setelah dipotong dapat dibagikan kepada kerabat, tetangga rumah. Bagi Anda yang ada di Purwakarta, kini Anda bisa merasa lega karena jasa Aqiqah Purwakarta sudah banyak tersedia dan bisa Anda temukan dengan mudah.

Tata Cara Aqiqah

Bagaimana tata cara Aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan yang mengikuti hukum Syariah Islam? Lihat deskripsi lengkapnya di bawah ini:

  1. Waktu
    Menurut hadits riwayat Ahmad, bahwasannya waktu terbaik untuk Aqiqah adalah hari ketujuh setelah kelahiran anak. Tetapi para ahli mengatakan mereka dapat melakukannya pada tanggal 1 atau 21 karena mereka kesulitan melakukannya pada tanggal 7.
    .
  2. Persyaratan
    Tata cara aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan keduanya memiliki syarat yang harus dipenuhi. Aqiqah merekomendasikan menyembelih ternak yang sangat sehat, seperti domba atau kambing. Usia yang direkomendasikan untuk ternak adalah lebih dari enam bulan.
    .
  3. Pembagian Daging Aqiqah
    Menurut hadis Aisyah r.a, bahwasanya daging kambing yang harus disembelih adalah dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan seekor kambing untuk anak perempuan. Itu dimasak tanpa rasa sakit. Kemudian dia dimakan (oleh keluarganya) dan diberikan sebagai sedekah pada hari ketujuh. (HR Al Bayhaqi).
    .
  4. Prosesi mencukur rambut bayi
    Prosesi mencukur rambut bayi pada hari ketujuh, tetapi setelah lahir tidak menentukan tata cara mencukur bayi. Jelas, proses mencukurnya haruslah merata.
Aqiqah Purwakarta

Bolehkah Aqiqah Setelah Umur 1 tahun?

Jika mampu menjalankan aqiqah 7 hari setelah anak lahir, maka jalankan aqiqah ini seperti yang dijelaskan.

Jika tidak memungkinkan, maka berlaku kelipatan 1, 21, dan 28 hari. Namun bagaimana jika bayi sudah berusia 1 tahun dan belum diaqiqahi? 
Menanggapi pertanyaan tersebut, Aqiqah seorang anak di atas usia satu tahun semestinya tidak boleh. Namun, yang paling populer adalah pendapat bahwa orang tua tidak bertanggung jawab untuk mengaqiqahkan anaknya ketika mereka sudah dewasa. Meski begitu, untuk Aqiqah anak berusia satu tahun, sebaiknya Aqiqah perlu dilaksanakan karena kondisi anak belum mencapai dewasa.

Baca Juga:
Aqiqah Cikarang, Terpercaya dan Sesuai Syariat Islam

Jasa Aqiqah Purwakarta Sesuai Syariat

Orang tua sering mengalami kesulitan karena harus mencari domba dan kambing, memilihnya sesuai syariah, mengangkutnya, menyembelihnya, memasaknya, dan membagikannya. Nah, kini Aqiqah Purwakarta menjadi solusi bagi mereka yang tidak tahu cara melaksanakan Aqiqah atau yang tidak mau ribet. Dengan bantuan jasa penyedia aqiqah, maka aqiqah dapat dilakukan dengan mudah sesuai tuntunan agama dan syariat Islam. 

Bagaimana mendapatkan jasa aqiqah wilayah Purwakarta yang sesuai syariat? Jasa aqiqah yang sesuai syariat adalah yang senantiasa mengusahakan olahan aqiqah mulai dari awal hingga akhir sesuai dengan syariat Islam yang benar. Mereka juga memastikan semuanya siap saji sesuai dengan waktu yang disepakati. Dan mereka juga memastikan semuanya sesuai dengan syariat.

Nah, Anda sudah memahami perihal Aqiqah Purwakarta yang sesuai syariat beserta tata caranya bukan? Yuk segera siapkan aqiqah terbaik untuk putra maupun putri Anda dan percayakan kepada penyedia jasa terbaik yang ada di wilayah Purwakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *