Aqiqah Palembang Rasa Enak dan Berkualitas Cek di Sini

Aqiqah Palembang Rasa Enak dan Berkualitas Cek di Sini

Aqikah Palembang Rasa Enak dan Berkualitas Cek di Sini. Aqiqah merupakan syariat Islam yang diselenggarakan sebagai rasa syukur atas kelahiran bayi. Sementara Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sebagian besar beragama Islam. Wajar jika jasa penyelenggaraannya ada di hampir seluruh wilayah, termasuk Aqiqah Palembang rasa enak dan berkualitas.

Palembang sendiri adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Kota yang cukup ramai di mana syariat Islam dilaksanakan oleh banyak orang di sana. 

Penyelenggaraan aqiqah sederhana. Namun, tidak semua orang mempunyai kesempatan melakukan sendiri. Apalagi untuk keluarga kecil baru, mengasuh bayi baru lahir sudah cukup menyita waktu. Ayah bayi harus bekerja dan tidak ada yang membantu di rumah. Aqiqah Palembang sangat membantu dan memberikan layanan kepada Anda yang berada di wilayah Palembang dan sekitarnya.

Aqiqah Palembang, Paket Aqiqah
Sumber: pexels

Baca Juga: Mendidik Anak Perempuan yang Beranjak Dewasa

Doa Mencukur Rambut Saat Aqiqah

Pada dasarnya ibadah aqiqah terdiri dari dua hal: menyembelih, memasak, dan membagikan dan mencukur rambut. Dalam setiap prosesinya ada doa yang dipanjatkan.  Doa mencukur bayi saat aqiqah lengkap, di bawah ini.

Saat Mencukur Bayi

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Setelah bayi selesai dicukur dan orang tua meniup ubun-ubun bayi sambil berdoa pula.

 اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

Apa Hikmah Pelaksanaan Aqiqah?

Rasanya hampir setiap muslim tahu, pelaksanaan aqiqah itu sunnah oleh Islam. Mengapa? Tentu karena ada banyak hikmah di dalamnya. Semua ibadah dalam agama ini mempunyai manfaat.

Hikmah pelaksanaan aqiqah antara lain diuraikan singkat di bawah ini.

  1. Menghidupkan sunnah Rasulullah, karena memang ibadah aqiqah Rasulullah ajarkan. Dari sekian sunnah, ini yang nampak dan dapat menjadi bagian dari syiar Islam.
  2. Doa untuk anak, karena saat prosesi aqiqah mulai dari penyembelihan hingga mencukur rambut bayi. Setiap bayi yang lahir dengan tergadai, maka aqiqah akan membebaskannya. Selain itu, orang tua mengharapkan anak kelak shaleh, berkah, dan selalu mendapatkan perlindungan Allah Subhanahu wa ta’ala dari hal-hal yang buruk.
  3. Mendekatkan diri kepada Allah, karena pelaksanaannya bagian dari sunnah yang secara tidak langsung melaksanakan perintah Allah. Tentu saja semua doa dan harapan dalam aqiqah juga membantu meningkatkan ketakwaan.
  4. Wujud rasa syukur, karena tidak semua pasangan dikaruniai anak. Bagi beberapa orang butuh perjuangan bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Jadi, aqiqah yang Rasulullah sunnahkan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan karunia seorang bayi mungil yang menggemaskan dan memberi kebahagiaan kepada seluruh keluarga.
  5. Mempererat tali silaturahim, karena daging aqiqah diberikan matang kepada kerabat dan orang-orang di sekitar, serta fakir miskin. Terkadang acara juga mengundang keluarga yang jauh. Hal ini tentu saja mempererat tali silaturahim.

Supplier Aqiqah Palembang yang Terpercaya

Aqiqah Palembang
Sumber: pexels

Kembali kepada jasa penyelenggaraan Aqiqah, di sini tempat yang terbaik. 

Aqiqah Palembang terpercaya dengan alasan berikut.

  • Pertama, semua dilaksanakan sesuai syariat.
  • Kedua, Anda dapat memilih kambing dan menu sesuai budget.
  • Ketiga, menu bervariasi dijamin halal.
  • Terakhir, tentu saja Aqiqah Palembang memberikan pelayanan yang memuaskan dan tepat waktu.

Baca Juga: Tahukah Anda Kalau Setiap Anak Tergadai dengan Aqiqah?

Keunikan Kota Palembang Dari Jembatan Terpanjang hingga Kuliner

Palembang, kota terbesar kedua di Pulau Sumatera dan ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan ini adalah salah satu kota tertua di Kepulauan Melayu. Dengan luas wilayah sekitar 369 km persegi, kota ini sempat jadi ibukota Kerajaan Sriwijaya.

Palembang miliki beberapa tempat penting yang kerap menjadi destinasi wisata para wisatawan, contohnya Jembatan Ampera & Sungai Musi yang membelah kota menjadi 2 bagian. Bagian utara dari Sungai Musi ini kita kenal dengan sebutan Seberang Ilir, sementara bagian selatannya kita kenal dengan sebutan Seberang Ulu. Tetapi Bukan itu saja hal menarik yang Kota Palembang miliki. Kali ini Info Aqiqah merangkum beberapa hal menarik tersebut yang dilansir dari beberapa sumber.

Kota Tertua di Indonesia

Kota Palembang sebagai ibu kota dari Kerajaan Sriwijaya, kerajaan nasional pertama di nusantara. Hal ini terbukti dengan adanya penemuan arca dan juga prasasti, di antaranya prasasti Kedukan Bukit di Bukit Siguntang. Dalam prasasti yang tertulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Melayu Kuno ini, menjelaskan bahwa Palembang sudah menjadi sebuah kota sejak 16 Juni 682M.

Berdasarkan tanggal di atas, berarti Kota Palembang saat ini sudah berusia kurang lebih selama 1336 tahun. Palembang masih tetap menjadi kota tertua di Indonesia bahkan di dunia. Walaupun Kota Palembang sudah berusia sangat lama, Palembang masih tetap bertahan dan terus melakukan perkembangan di seluruh bidang yang ada.

Banyak Dihuni Orang Arab

Salah satu tempat wisata yang wajib masuk ke destinasi wisata di Kota Palembang, yakni Kampung Arab Al-Munawar yang sebagian besar dihuni oleh orang Arab. Sekiranya 300 tahun yang lalu, masyarakat Arab datang ke Palembang untuk berdagang dan mulai berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Kampung Arab terletak di sekitaran sepanjang Sungai Musi dari hulu ke hilir.

Ikon Terkenalnya : Jembatan Ampera

Pasti Ayah Bunda sudah tidak asing dengan ikon Kota Palembang bukan? Betul sekali, Jembatan Ampera. Jembatan yang sudah berdiri sejak tahun 1962 dan presiden pertama Indonesia, Bung Karno resmikan pada tahun 1965. Jembatan Ampera pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara lho.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa nama asli dari jembatan terpanjang pada masanya itu bukanlah Jembatan Ampera?

Untuk memberikan sebuah penghargaan terhadap proklamator dan Presiden pertama RI, awalnya jembatan ini diberi nama Jembatan Bung Karno. Namun karena terjadi pergolakan politik pada 1966, akhirnya nama jembatan tersebut diubah menjadi Jembatan Ampera yakni singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat.

Kuliner Khas Palembang

Ayah Bunda pasti sudah tidak asing dengan kuliner khas dari kota ini bukan? Pempek atau empek-empek merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan tenggiri atau gabus yang giling lembut dan tercampur tepung kanji. Pempek hadir di Palembang sejak masuknya perantau Tionghoa sekitar abad-16. Menurut tradisi, nama empek-empek atau pempek berasal dari sebutan apek atau pek-pek, yaitu sebutan untuk paman atau lelaki tua Tionghoa.