Aqiqah Murah Belum Tentu Higienis

Aqiqah merupakan salah satu tuntunan yang harus dilakukan untuk anak perempuan maupun laki-laki di dalam syariat islam. Kini, banyak bertebaran jasa aqiqah di berbagai tempat. Bahkan dengan embel-embel aqiqah murah. Meskipun demikian, belum tentu kualitasnya terjamin. Masalah higienis juga menjadi bahan pertimbangan mengingat hidangan aqiqah juga dikonsumsi oleh keluarga maupun orang lain.

Aqiqah Murah
Gambar; Menu Aqiqah                                                                 Sumber: Pinterest

Bagaimana Cara Menghindari Aqiqah Ecek-Ecek Tidak Higienis

Bagi Anda yang merasa ragu, apakah jasa aqiqah yang di pesan higienis atau tidak, sebaiknya Anda mengetahui cara memilih jasa aqiqah tidak ecek-ecek. Jasa aqiqah berkualitas dan memiliki kredibilitas pastinya memiliki ragam hidangan sesuai kebutuhan yang Anda pilih, berikut tipsnya:

  1. Ulasan dan Review Pembeli atau Pemesan
    Sebelum melakukan pemesanan jasa aqiqah yang dianggap profesional. Anda sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu mengenai jasa aqiqah yang sudah dikenal oleh masyarakat dengan kualitas rasa dan higienis terjamin.Anda dapat memanfaatkan review dari orang terdekat maupun media sosial untuk mengetahui apa saja komentar dari pelanggan. Tentunya, rating tinggi dengan ulasan positif banyak bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda pesan.Selain itu, Anda dapat berkunjung ke berbagai tempat jasa aqiqah terbaik di lingkungan sekitar rumah. Selain hemat biaya pengiriman, Anda dapat mengunjungi lokasinya secara langsung.
  2. Perhatikan Ragam Pilihan Paket dan Menu yang Diberikan
    Anda dapat meminta berbagai daftar menu yang biasa disajikan oleh pihak jasa aqiqah. Apabila Anda dapat langsung datang ke tempat. Tentunya, Anda dapat menentukan pilihan paket yang bersesuaian dengan kebutuhan. Setelah itu, baru memesan hidangan yang dibutuhkan dan sesuai budget.Hal tersebut bisa jadi berbeda saat Anda melihat daftar menu di sosial media maupun website. Selain Anda bisa menentukan pilihan paket. Tentunya, Anda dapat membandingkan harga jasa layanan aqiqah antara satu dengan lainnya. Setelah itu dapat memutuskan layanan yang dianggap paling sesuai.
  3. Beragam Layanan yang Diberikan
    Anda juga perlu memperhatikan jenis layanan yang diberikan oleh pihak jasa aqiqah. Jika pemilik jasa memberikan jasa pengiriman bebas ongkir, tentunya Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mengantar makanan menjadi lebih cepat dan aman.
  4. Ambil Diskon jika Ada
    Anda juga dapat menggunakan potongan harga untuk melakukan pembelian hidangan aqiqah dalam jumlah tertentu. Hal tersebut dapat membantu Anda memperoleh harga aqiqah menjadi lebih terjangkau. Diskon yang diberikan oleh jasa aqiqah berkualitas, tentunya tidak mengurangi rasa dan porsi.

Aqiqah Murah

Apakah Higienis Menjadi Salah Satu Syarat Aqiqah?

Meskipun higienis tidak termasuk ke dalam syarat wajib aqiqah. Namun, hidangan aqiqah akan lebih berkah dan layak konsumsi jika dalam kondisi higienis dengan kualitas rasa terbaik. Makanan higienis tentunya dapat menghindarkan tubuh dari bahaya penyakit yang dipicu oleh proses pemasakan hidangan aqiqah yang tidak higienis.

 

Baca juga:
Catering Aqiqah Yang Baik Bagaimana Ciri-cirinya?

Apakah Pahala Akan Berkurang Jika Aqiqah dengan Domba?

Pahala aqiqah tidak berkurang lantaran sudah bersesuaian dengan syarat wajib aqiqah berdasarkan jumhur ulama. Para ulama mengqiyaskan aqiqah dengan hewan kurban yakni, minimal umur hewan yang diperbolehkan untuk dijadikan hidangan aqiqah dapat meliputi, kambing 1 tahun, domba 6 bulan, sapi 2 tahun dan unta 5 tahun.

Aqiqah Murah

Apa Syarat Hewan Aqiqah?

Menurut jumhur ulama syarat hewan aqiqah baik domba, kambing, maupun sapi yang dianggap layak harus memiliki tubuh sehat dan tidak mengalami kecacatan. Kesehatan fisik yang dianggap sebagai syarat wajib kambing maupun domba untuk aqiqah memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Hewan tidak mengalami buta maupun buta sebelahnya
  2. Domba maupun kambing tidak pincang kakinya
  3. Hewan aqiqah harus sempurna dan tanduk tidak boleh hilang sebagian
  4. Giginya harus sempurna dan tidak boleh ompong
  5. Tubuh fisik hewan sehat, kuat, bersih dan montok.

Usahakan dalam beribadah terutama aqiqah tidak boleh sekenanya. Anda perlu melakukan ibadah sesuai contoh rasul dan penjelasan para ulama. Pastikan juga jasa aqiqah yang Anda pilih tidak ecek-ecek dan mengutamakan higienis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *