Aqiqah Jagakarsa Harga Hemat dan Pilih Kambing Sendiri
Aqiqah Jagakarsa

Aqiqah Jagakarsa Harga Hemat dan Pilih Kambing Sendiri. Tata cara Aqiqah Sunnah Nabi harus diketahui orang tuanya.

Kelahiran buah hati juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang tua. Menggelar Aqiqah adalah sebagai penghormatan kepada orang tuanya karena memiliki bayi. 

Aqiqah berasal dari kata Al-qat’u yang berarti memotong. Kata ini memiliki dua arti. Arti pertama adalah memotong rambut anak. Arti kedua adalah menyembelih hewan. Menurut Sunnah Rasul, Aqiqah dicapai dengan menyembelih ternak dan membagikannya kepada kerabat dan tetangga. Penyembelihan hewan Aqiqah merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. 

Jika tidak bisa menangani sendiri pelaksanaan aqiqah dari awal hingga akhir, Anda bisa meminta bantuan dan membeli paket layanan aqiqah yang sudah banyak tersedia. Bagi Anda yang berada di Jagakarsa, Anda bisa mendapatkan layanan Aqiqah Jagakarsa murah berkualitas. Berikut ringkasan prosedur Aqiqah menurut Sunnah Rasul, yang harus dipahami umat Islam dari berbagai sumber. 

Prosesi Aqiqah Syar’i

Doa Mencukur Rambut Bayi dan Apa Pendapat Ulama?
Processed with VSCO with a6 preset

Menurut sunah rasul, laki-laki dan perempuan prosedur Aqiqahnya sebenarnya sama. Satu-satunya perbedaan adalah jumlah kambing yang dikorbankan untuk Aqiqah. Prosedur Aqiqah oleh rasul Sunnah: 

Prosedur Aqiqah yang utama adalah menyembelih kambing. Jumlah kambing yang disembelih untuk Aqiqah bervariasi antara anak perempuan dan laki-laki. Orang tua menyiapkan 1 kambing untuk anak perempuan dan menyembelih dua ekor kambing untuk anak laki-laki. 

Adapun persyaratan kambing sembelih untuk dagingnya sama untuk hewan kurban, yaitu kambing yang berkualitas baik, baik menurut jenis maupun umurnya. Kambing tersebut juga harus bebas dari noda dan penyakit. Aqiqah identik dengan penyembelihan kambing, namun saat ini banyak orang yang membeli suguhan kambing siap pakai untuk acara Aqiqah anaknya.

Bolehkah Aqiqah Ditambah Acara Lain?

Untuk kepraktisan sering kali orang menyelenggarakan sesuatu sekaligus bersamaan dengan lainnya. Bolehkah dalam Islam? Di bawah ini beberapa kasus dan jawabannya

  1.  Aqiqah memotong daging untuk dua acara yang berbeda
    Bagaimana jika potongan daging dipotong menjadi dua bagian, satu untuk Aqiqah dan yang lainnya untuk kurban? Hal ini jelas tidak diperbolehkan. Para ulama sepakat bahwa tidak boleh menggabungkan dua niat ibadah menjadi satu amalan. Seperti puasa, Anda tidak boleh berpuasa untuk dua tujuan. Hal yang sama berlaku untuk Aqiqah. Hal ini sesuai dengan hukum Islam praktisi ibadah. Jadi sebaiknya Anda hanya menyembelih hewan Aqiqah hanya untuk Aqiqah saja.
  2. Daging Aqiqah untuk Acara Walimah
    Menurut sebagian ulama’, hal ini diperbolehkan mengingat tidak ada keterangan yang jelas didalam Al-Qur’an dan hadits. Meski begitu, sebaiknya Anda menyendirikan acara aqiqah daripada mencampurnya dengan acara lain ya! Apalagi, baik pesta walimah dan aqiqah bukan kewajiban. Anda bisa menyelenggarakan sesuai kemampuan.
  3. Daging aqiqah untuk acara lain oleh penerima daging
    Kondisi ini berbeda. Tentu saja, dagingnya sudah berpindah tangan, jadi sudah dibolehkan. Oleh karena itu, si penerima daging bebas melakukan apa saja dengan porsi dagingnya. Penerima dapat menggunakan daging untuk orang lain, untuk orang lain, untuk memasak dan makan bersama mereka. Tidak ada batasan.

Baca Juga:
Aqiqah Cibinong Berkualitas dengan Kambing Terbaik

 

Catering Aqiqah Jagakarsa

Catering Aqiqah Jagakarsa adalah bentuk pelayanan paket aqiqah di Jakarta Selatan. Paket Aqiqah Jagakarsa ini adalah paket aqiqah yang enak dan terjangkau, sehingga sangat cocok bagi siapa saja yang ingin memesannya. Selain paket Aqiqah untuk Jagakarsa Jakarta Selatan yang bersaing dalam harga dan rasa, paket Aqiqah kami insya Allah, terpercaya dan sesuai syar’i. 

Demikian informasi mengenai jasa catering Aqiqah Jagakarsa murah berkualitas. Layanan ini membuat Aqiqah lebih mudah untuk acara aqiqah anak. Siapapun yang ingin melakukan aqiqah dapat menghubungi kami kapan saja. Kami akan menghandle semuanya secara syar’i dan dengan pantauan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *