Aqiqah dengan Kambing Betina, Bolehkah?

Aqiqah dengan Kambing Betina, Bolehkah? Mari kita lanjut membacanya..
Ketika memiliki momongan atau buah hati tentu saja sebagai orang tua maka akan merasa begitu bahagia dan bersyukur sekali, bukan? Namun tahukah Anda, bahwa rasa syukur setelah memiliki momongan itu tidak hanya dapat ditunjukan dengan cara memenuhi berbagai kebutuhan anak? Salah satu yang menjadi hal utama ketika anak lahir ke dunia adalah sebagai orang tua harus menyegerakan diri untuk melakukan tindakan aqiqah.

kambing aqiqah

Aqiqah sendiri merupakan satu ibadah yang sangat baik sekali maknanya dalam menyambut buah hati titipan dari Allah Subhanah Wata’ala. 

Adapun untuk aqiqah sendiri itu ketentuan jumlah hewan yang di potong itu berbeda antara bayi laki-laki dengan bayi perempuan. Nah untuk mengetahui secara detail informasi lengkap mulai dari hadits, syarat umur ideal penggunaan hewan aqiqah maka wajib simak ulasan berikut ini sampai akhir!

Hadits Tentang Kambing Aqiqah

Aqiqah merupakan satu ibadah sunnah muakad yang hukumnya wajib sekali untuk dilakukan umat muslim yang baru saja mendapatkan titipan anak dari Allah Subhanah Wata’ala. Adapun normalnya kegiatan aqiqah ini khususnya di Indonesia banyak memanfaatkan hewan kambing sebagai sarana penyembelihannya. Namun sebenarnya tidak menutup kemungkinan bisa memanfaatkan hewan lainnya seperti sapi atau unta. 

Nah, berikut ini hadist untuk lebih meyakinkan saudara muslim dalam menggunakan hewan kambing sebagai aqiqah.

aqiqah dengan kambing betina

Baca Juga: Sebutkan Hikmah Pelaksanaan Aqiqah! Ini Jawabannya

Syarat Kambing yang Bisa Disembelih untuk Aqiqah

Adapun ketika melakukan ibadah aqiqah maka tentu saja tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena selalu ada syarat dan ketentuannya. Berikut ini adalah syarat kambing yang bisa disembelih untuk ibadah aqiqah.

  1. Kambing yang digunakan sebagai hewan aqiqah harus sehat 
  2. Kambing tidak boleh cacat atau mengalami kondisi tidak layak konsumsi
  3. Kambing yang digunakan sebagai hewan aqiqah harus cukup umur
  4. Jumlah kambing harus tepat sesuai jenis kelamin anak, laki-laki berjumlah 2 kambing dan perempuan 1 kambing saja.

Umur Ideal Kambing Aqiqah

Untuk umur ideal dari kambing yang harus bisa digunakan dalam aqiqah adalah minimal yang sudah berusia 1 tahun lamanya. Umur kambing di angka tersebut dianggap paling tepat karena tidak terlalu muda tetapi juga tidak terlalu tua sehingga dagingnya masih enak untuk dikonsumsi. 

Umur ideal kambing aqiqah tidak ada ketentuannya secara persis. Usia di atas didasarkan pada kesepakatan para ulama.

Sementara untuk syarat kambing aqiqah secara umum sama dengan kurban. Hal tersebut disesuaikan dengan hadist berikut.

menjelaskan cacat yang dapat membuat hewan kurban dan juga hewan Aqiqah tidak sah:

وَعَنِ اَلْبَرَاءِ بنِ عَازِبٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَامَ فِينَا رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ: – “أَرْبَعٌ لَا تَجُوزُ فِي اَلضَّحَايَا: اَلْعَوْرَاءُ اَلْبَيِّنُ عَوَرُهَا, وَالْمَرِيضَةُ اَلْبَيِّنُ مَرَضُهَا, وَالْعَرْجَاءُ اَلْبَيِّنُ ظَلْعُهَا وَالْكَسِيرَةُ اَلَّتِي لَا تُنْقِي” – رَوَاهُ اَلْخَمْسَة ُ . وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ حِبَّان َ

Dari Al Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata,

“Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban:

(1) buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya,

(2) sakit dan tampak jelas sakitnya,

(3) pincang dan tampak jelas pincangnya,

(4) sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.” (HR. Imam Tirmidzi)

Aqiqah dengan Kambing yang Sesuai Syariat Ada Disini!

Melakukan ibadah aqiqah tentu saja tidak bisa dilakukan di luar syariat yang ada. Oleh sebab itu seluruh uraian di atas wajib menjadi satu rujukan sebelum melaksanakan aqiqah. 

Adapun dewasa ini banyak sekali layanan jasa aqiqah dengan hewan kambing yang sudah sesuai syariat mulai dari kesehatan kambing, umur hingga pengolahannya. Jadi para orang tua tidak perlu khawatir mengenai urusan aqiqah, namun tentu saja dalam menentukan layanan jasanya harus hati-hati ya! Hanya gunakan layanan sesuai syariat yang jelas ya!

Itulah di atas uraian mengenai kegiatan aqiqah yang mana apakah bisa menggunakan kambing betina atau tidak. Hadits, syarat serta umur ideal dari kambing yang bisa digunakan sebagai sarana aqiqah sudah dijelaskan secara rinci dan lugas di atas. Adapun utamanya bagi para orang tua yang sudah memiliki kemampuan melakukan aqiqah setelah sang buah hati lahir maka harus segera menyegerakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *