5 Menu Makanan Acara Aqiqah yang Menggunakan Olahan Daging Kambing

Diselenggarakannya aqiqah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Azza Wajalla atas kelahiran bayi sekaligus melaksanakan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.  Penyembelihan hewan aqiqah biasanya disertai dengan acara aqiqah atau walimatul aqiqah sebagai luapan kegembiraan dan kebahagiaan orang tua atas hadirnya si bayi dalam kehidupan mereka.

Untuk memenuhi kebutuhan acara aqiqah, biasanya berbagai menu makanan acara aqiqah dihadirkan dalam jumlah porsi yang bisa menjangkau jumlah orang yang hadir. Jika tidak dimasak sendiri, orang-orang seringkali menggunakan layanan jasa aqiqah yang terdekat dari tempat tinggal mereka.  

Baca Juga : Apa Maksud dan Tujuan Aqiqah?

5 Menu Makanan Acara Aqiqah Olahan Daging Kambing yang Sering Disajikan

Karena aqiqah dilakukan dengan menyembelih kambing, tentu menu yang dihadirkan pada saat acara aqiqah berasal dari olahan daging kambing. Dalam hal ini, ada 5 menu makanan acara aqiqah menggunakan olahan daging kambing yang seringkali disajikan. Kelima daftar menu tersebut adalah sebagai berikut :  

1.Sate Kambing

Sate kambing termasuk salah satu jenis menu makanan acara aqiqah yang paling laris di Indonesia. Kelezatannya bahkan sudah terkenal sampai ke luar negeri. Agar daging kambing bisa menjadi sate, dagingnya dipotong dadu terlebih dahulu, direndam ke dalam bumbu khusus yang sudah disediakan, lalu ditusuk menggunakan bilahan bambu tipis yang sudah disediakan. Setelah semua tusuk sate siap, barulah dibakar di atas bara api.

Setiap penyedia layanan aqiqah pasti menyediakan sate kambing dalam paket aqiqah yang ditawarkan. Masing-masing dari penyedia layanan aqiqah tersebut memiliki tips tersendiri dalam membuat sate kambing pesanan konsumen mereka.

2.Kari Kambing

Selain sate kambing, kari kambing juga menjadi menu ‘wajib’ yang ditemukan pada sajian menu makanan acara aqiqah. Proses pengolahannya pun lebih cepat dan lebih mudah dari sate kambing. Cukup dengan memotong-motong daging kambing menjadi beberapa bagian, lalu direbus hingga empuk dan dipadukan dengan kuah kari kental yang memang merupakan resep untuk kari kambing.

3.Nasi Kebuli Kambing

Nasi kebuli kambing merupakan salah satu menu khas timur tengah yang mulai menjamur di Indonesia. Bahkan, saat ini nasi kebuli sudah dimasukkan ke dalam paket aqiqah oleh para penyedia layanan jasa aqiqah di Indonesia.

Umumnya paket aqiqah yang menggunakan nasi kebuli kambing sebagai salah satu menu utamanya ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga siapapun bisa memilih paket aqiqah tersebut.

4.Gulai Kambing

Gulai kambing juga menjadi salah satu menu makanan acara aqiqah yang seringkali ditemukan pada acara-acara aqiqah yang dilaksanakan di Indonesia. Rasanya yang khas dan enak menjadikan menu yang satu ini sangat digemari masyarakat.

5.Rendang Kambing

 Mungkin orang-orang lebih familiar dengan rendang daging sapi saja. Padahal, rendang yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya memiliki rasa yang sangat lezat dan khas. Tidak heran jika saat ini sudah banyak penyedia jasa layanan aqiqah yang menyajikan rendang kambing dalam paket aqiqah yang ditawarkannya.

Daftar Menu Makanan Tambahan Pada Acara Aqiqah

Selain menyajikan menu makanan acara aqiqah hasil olahan daging kambing, biasanya disertakan juga menu tambahan untuk memeriahkan sajian menu makanan saat acara aqiqah berlangsung. Di antara menu tambahan yang sering disajikan adalah sebagai berikut :

1.Tumis Brokoli

Tumis brokoli hampir tidak pernah absen sebagai menu tambahan pada sajian menu makanan acara aqiqah. Rasanya yang enak dan cocok dipadukan dengan menu makanan olahan kambing menjadikannya sangat digemari masyarakat.

2.Urap Sayur

Selain tumis brokoli, urap sayur juga seringkali menjadi menu tambahan untuk sajian menu aqiqah. Selain rasanya yang enak, sisi tradisional sangat kental terlihat pada menu makanan yang satu ini. Belum lagi tambahan bahan seperti toge, wortel, dan kacang panjang, semakin menambah kandungan gizi makanan ini.

Umumnya penyedia layanan aqiqah yang ada saat ini menyertakan tumis brokoli atau urap sayur dalam paket aqiqah yang mereka tawarkan. Untuk harga, biasanya sudah dijadikan satu paket dengan menu utama yang ditawarkan.

Selain tambahan sajian menu makanan acara aqiqah berupa tumis brokoli dan urap sayur, sebenarnya masih ada beberapa menu tambahan lainnya yang juga sering disajikan, seperti abon, tongseng, gepuk, dan krengseng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *