4 Kartun Anak Sholeh yang Memiliki Nilai Islami dan Alasan Kenapa Harus Ditonton

Saat anak-anak akan menonton kartun maka orang tua memberikan tontonan terbaik yang ada untuk anaknya. Film atau tayangan harus mengandung nilai-nilai islami dan alasan kenapa harus ditonton oleh anak-anak. Menonton film kartun anak sholeh bisa menjadi pilihan baik.

Kartun Anak Sholeh

Beberapa kartun anak sholeh merupakan film yang sangat direkomendasikan untuk anak.

Kartun tersebut mengajarkan nilai keislaman serta nilai luhur lainnya agar anak belajar untuk lebih mencintai agamanya. Itulah kenapa memberikan tontonan kartun anak sholeh juga merupakan pembelajaran yang baik kepada anak. Inilah beberapa kartun anak sholeh yang rekomended untuk anak dan alasannya kenapa harus nonton.

Nussa

Tokoh pada film Nussa adalah Nussa sendiri dan adiknya yang Bernama Rara.

Nussa mempunyai kondisi fisik yang berbeda dengan teman-temannya. Namun, dia tidak pernah berkecil hati. Orang tua Nussa mengajarkan anaknya untuk tetap mandiri dengan segala keterbatasan yang dimiliki. Bahkan, Nussa dapat bermain sepak bola.

Kartun Anak Sholeh

 

Selain kemandirian, film juga mengajarkan berbagai adab dan akhlak Islam dengan mengalir. Anak yang menonton tidak akan merasa bosan dan digurui.

Nussa bergaul dengan cara Islami, sayang dengan adik, dan berbakti pada orang tua. Sesekali Nussa dan Rara melakukan kesalahan sebagai anak-anak, mereka tidak ragu minta maaf dan memperbaiki kesalahan.

Omar & Hana

Jika film Nussa dibuat dan diproduksi Indonesia, tidak demikian dengan Omar dan Hana. Ini terlihat dengan bahasa Melayu yang digunakan. Film ini produksi negara Malaysia.

Kartun Anak Sholeh

 

Film kartun Omar & Hana ini merupakan film yang menceritakan keseharian keluarga. Banyak aktivitas yang dilakukan dan memberikan contoh terbaik untuk anak-anak. Omar dan Hana merupakan sosok kakak beradik yang saling menyayangi. 

Keduanya juga mengajak para penonton untuk meneladani sikap Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari melalui nilai agama yang ditanamkan serta contoh yang biak. 

Selain itu disajikan pula lagu-lagu islami yang membuat anak-anak memahami nilai islam yang ada saat ini. 

Syamil dan Dodo

Syamil dan Dodo mungkin dapat dikategorikan sebagai film kartun anak shaleh pertama. Mereka sudah ada sebelum channel Youtube menjamur.

Kartun Anak Sholeh

Dalam film ini terdapat banyak kisah lucu dan menarik. Tokoh Dodo merupakan anak yang suka berbuat semaunya. Sementara Syamil, mempunyai perilaku sebaliknya. Di akhir cerita Dodo selalu menyadari setiap perbuatannya dan meminta maaf. Hal ini penting agar anak berlapang dada.

Selain itu pula tokoh Syamil yang banyak memberikan contoh tentang adab, pergaulan dan perbuatan baik akan memberikan inspirasi dan teladan kepada anak yang menonton. Beberapa pesan moral dan aturan Islam diingatkan dalam bentuk nyanyian agar mudah diterima anak.

 

Baca Juga:
Cerita Anak Islami yang Mendidik untuk Si Kecil

 

Upin & Ipin

Film kartun yang satu ini merupakan film favorit anak-anak. Bahkan, orang dewasa pun menyukainya. 

Tokoh dalam film sesuai judul, merupakan anak kembar yang telah ditinggal kedua orang tuanya. Keduanya tinggal bersama Kak Rose, sang kakak dan neneknya.

 

Kartun anak sholeh

Dunia Upin-Ipin adalah dunia anak-anak yang begitu sangat menyenangkan. Di mana dunia tersebut tampak natural dan begitu bahagia, bermain, belajar dan saling menyemangati satu dan lainnya. Terkadang mereka berbuat salah, tetapi ketika sadar semuanya akan meminta maaf.

Anak juga belajar tentang perbedaan dalam film Upin dan Ipin dengan berbagai asal negara yang berbeda. Teman-temannya ada yang keturunan India, Indonesia, dan Tionghoa. Anak sejak dini belajar berbagai ragam budaya dan sikap toleransi.

Itulah 4 film kartun anak shaleh yang dapat dijadikan tontonan sarat makna bagi anak-anak. Tentu saja masih ada beberapa film lain yang tidak dapat dilewatkan, seperti Riko The Series. Anda harus menonton sendiri lebih dahulu dan menilainya sebelum mengajak anak nonton bersama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *